Dunia Robita

Let's share knowledge and stories with me!

Sedikit Tentang Super Junior (슈퍼 주니어)

on 27 September 2010

Super Junior? Emm…. siapa sih yang ga tau Super Junior? Boyband asal Korea dan merupakan super idol di Korea ini sangat berbeda dengan boyband-boyband lainnya yang sejenis. Super Junior terdiri dari 13 orang (member) yaitu Leeteuk (the leader), Heechul, Han Geng, Yesung, Kang-in, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Donghae, Siwon, Ryeowook, Kibum, dan Kyuhyun. Akan tetapi, saat ini hanya tinggal sepuluh member yang masih aktif. Tiga member yang tidak aktif yaitu Hankyung, Kang-In, dan Kibum (2010).
Awal pembentukan Super Junior, ketiga belas member ini tidak dijaring sekaligus, tetapi satu per satu SM Entertainment merekrut mereka. Super Junior sangat terkenal, bahkan beberapa negara di benua Asia ini telah mereka kunjungi, diantaranya adalah Jepang, Thailand, Filipina, dan Malaysia. (entah negara mana lagi,, saya tidak hafal. Hehehee… ^_^)
Super Junior terbentuk pada tahun 2005, oleh karena itulah album pada waktu awal mereka debut, namanya adalah Super Junior 05. Beberapa member Super Junior sebelumnya berprofesi sebagai VJ, model, dan aktor. (wahh… hebat yah?) Sebelum cerita sedikit info tentang Super Junior ini, alangkah baiknya kita berkenalan dulu dengan tiap membernya. Eitss… berkenalannya ga mesti ketemu ko,, kita cukup tahu profil mereka dulu,, nah kalo mau tahu lebih dalam,, nanti kita ke Korea deh… hihihi… (aamiin…). Ini dia profil member-member SuJu. (catatan: Oppa adalah panggilan untuk Kakak laki-laki)

1. Leeteuk (Park Jung Su)
Nama aslinya adalah Park Jung Su, tetapi karena ia ingin memiliki nama seperti Hyesung, Kangta, Junjin, dsb (nama panggung), Park Jung Su ini memilih nama Leeteuk atau Eeteuk yang artinya “spesial”. Leeteuk oppa lahir pada tanggal 1 Juli 1983. Leeteuk oppa sangat suka main piano, composing music, mendengarkan musik, bernyanyi, dan going online. Dia mempunyai julukan dan nama panggilan (nick name) “angel without wings”, Teuki Teuki, AngelTeuk, Lida Park, dan Peter Pan. Julukan Peter Pan ini diberikan oleh Heechul oppa, alasannya yaitu karena Leeteuk oppa tidak mau bertambah tua, kan jadinya seperti Peter Pan. ^o^
Leeteuk Oppa sangat lucu dan baik orangnya. Tapi, menurutQ kadang-kadang dia suka tepes alias tebar pesona gitu. Hehee… dasar yah?! Apa dia ga tau efek samping tebar pesona bagi yang melihatnya?? ^^ (kelepek-kelepek kali ya? Wkwkwk…)
Oh ya, dia terpilih sebagai leader Super Junior karena usianya yang paling dewasa (kalau bilang tua, barangkali tersinggung, hehehe…). Tapi, Leeteuk Oppa tetep manis walaupun paling berumur diantara member yang lainnya. Ia juga member pertama yang direkrut SM Entertainment sebagai member SuJu. Leeteuk oppa juga mempunyai kakak perempuan yang sangat cantik.

2. Heechul (Kim Heechul)
Ini dia Kim Heechul, atau lebih lucu dipanggil “cinderella”. Dia sangat suka tokoh-tokoh kartun Disney. Heechul Oppa sangat lucu dan pria paling cantik di antara member SuJu lainnya. Lihat saja di acara Super Junior intimate note. ^_^
Heechul Oppa ini lahir pada tanggal 10 Juli 1983. Soulmate-nya di SuJu adalah Hankyung. Pokoknya, di mana ada Hankyung, di sanalah ada Heechul. (Heheee… kaya semut ama gula yah?? ^^) Oya, nama panggilannya adalah Heenim, Cinderella, Sachawon, dan Kim Cherry. Hobi Heechul Oppa ini menulis puisi, menulis cerita tentang peri-peri, main games di komputer, dan menggambar komik. (Waaahhh… suka menulis puisi ya? Kayaknya romantis neh… ^^)
Heechul oppa paling bisa meniru tarian cewe. Pokoknya, Heechul oppa sangat imut di mataku. Kecuali pada sat rambutnya panjang banget, lihat saja di acara Love Letter. Iiihh,, oppa kenapa kaya gitu sih? Cakepan rambut pendek loh Oppa… ^_~

3. Hankyung (Han Geng)
Satu-satunya member SuJu yang bukan warga Korea. Dialah Hankyung atau dalam nama China-nya yaitu Hangeng.
Hankyung lahir pada tanggal 9 Februari 1984. Nama panggilannya yaitu Eagle, The Miracle of 1.3 Million, Angel of Heilung Jiang.
(wahhh… *_*)
Dia adalah salah satu leader of dancing di SuJu. Cause, gerakannya emang bagus. Oh ya, meskipun dia bukan orang Korea, tetapi dalam hal menyanyi dengan bahasa Korea, bagus juga ko, ga kaku pelafalannya. Mungkin Hankyung Oppa sudah mempelajari sistem fonemis dalam bahasa Korea kali ya? Hihihi… =)
Hobi Oppa yang satu ini adalah menari tarian balet tradisional China, menari balet (secara umum), dan main computer games. (kayaknya member-member SuJu pada suka maen computer games!?) di mataku, Hankyung Oppa very charming. =)
Kabar terbaru saat ini mengenai Hankyung oppa, sekaligus kabar sedih adalah berupa keputusan Hankyung keluar dari SM Entertainment dan bersolo karir, sehingga ia keluar dari Super Junior. Entah apa penyebab yang sebenarnya, karena kabar yang beredar saat ini masih ngalor ngidul. Mengenai solo karirnya, bulan kemarin ia baru saja mengeluarkan album barunya.
Meskipun sekarang Hankyung (Han Geng) sudah memisahkan diri dari Super Junior, tetapi bagi saya dia tetap bagian dari Super Junior.
Saranghaeyo oppa….

4. Yesung (Kim Jong Woon)
Salah satu member SuJu yang suaranya mantap abis, keren bo, suaranya bulat (ga cempreng) dan powerfull ini nama panggilannya adalah Yesung. Nama asli Yesung oppa adalah Kim Jong Woon. Ia lahir pada tanggal 24 Agustus 1984.
Yesung oppa juga ga kalah charming. (beuh… q suka banget sama powerfull suaranya.) Yesung oppa ini kata ELF, soulmate-nya adalah Ryeowook. (Q kan suka suaranya Ryeowook jua,, beda banget gitu! Hheehe…) Kata member SuJu, Yesung ini adalah member paling aneh (hahaa… entah kenapa). Terus, ternyata dia bisa memprediksi reaksi anjing. (wuiiww….) Selain itu, Yesung oppa ini tidak kuat minum alkohol, walaupun hanya satu botol. (I like it! ^_^)
Yesung oppa, you’re great! ^^ would you like to teach me how to get a great voice when singing? How to control our voice when we were singing? (hihiiii…)
Yesung oppa dan soulmate-nya (Ryeowook) tergabung juga dalam Super Junior K.R.Y. (Kyuhyun, Ryeowook, Yesung), di mana membernya adalah member-member SuJu yang memiliki suara paling powerfull. Tapi, menurut info dari teman-teman saya, SuJu KRY ini biasanya menyanyikan lagu yang buat soundtrack-soundtrack drama gitu. Selain itu, Yesung oppa juga salah satu member dari subgroup Super Junior, yaitu SuJu Happy.
Pernah suatu ketika Eunhyuk oppa bilang pada Yesung oppa bahwa dia ingin masuk dalam lead vocal, tetapi kata Yesung oppa, “Maaf, kami sedang tidak membuka pendaftaran.” Lalu, di saat yang lain, Yesung ini ingin sekali masuk dalam lead dance, tapi kata Eunhyuk oppa, “Maaf, lead dance sedang tidak membuka pendaftaran member baru”. Semua yang mendengar ini pun tertawa. Ya, SuJu memang selalu penuh dengan keceriaan. Hehehee…

5. Kang-In (Kim Youngwoon)
Member yang satu ini sangat gokil, jail banget, tetapi paling manly di antara yang lain. Ia adalah Kang-in atau nama lengkapnya Kim Youngwoon. Kang-in ini peminum nomor satu di antara member SuJu lainnya. Dia jga paling berat, sampai-sampai ketika di acara Super Junior Intimate Note, tidak ada satu orang pun yang kut menggendongnya (mengangkatnya). (whahaha…. ^0^)
Kang-In Oppa vakum dari dunia entertainment selama dua tahun untuk mengikuti wamil. Selama waktu itu… yahh… rasanya gimana gitu ya kalo gada Kang-In Oppa? Ga ada yang suka ngusilin deh tu member SuJu.)
Kang-In Oppa ulang tahun pada tanggal 17 Januari, ia kelahiran 1985, termasuk termuda ke-9 atau tertua ke-5 diantara member SuJu lainnya.
Oh ya, nick name-nya Oppa yakni Bear Kangin, Strength Kangin, raccoon, Korea No.1 Handsome Guy,dan The Real Leader. Pokoknya Kang-In Oppa bikin hidup berwarna, ngakak deh kalo udah kenal mah. Hehehe… **
Aktivitas Kang-In oppa sebelum ia masuk wamil yaitu dancer, actor, television host, MC, DJ, juga main film. Kang-In oppa adalah salah satu member Super Junior yang masuk pada 2 subgroup SuJu, yaitu SuJu T dan SuJu H.

6. Shindong (Sindong Hee)
Shindong Oppa, ini dia satu-satunya memmber yang paling ndud. *hahaha…* Tapi, jangan salah, Shindong Oppa adalah dalah satu lead dance di SuJu. Shindong Oppa ini jago nge-dance dan nge-rapp. Kompak banget deh ama Eunhyuk Oppa dalam dua hal itu, dance and rapp. Shindong Oppa lahir pada tanggal 28 September 1985. Panggilannyaa tuh Dolpan Ogyupsal (sejenis makanan). Ia memang yang paling besar kuantitas makanannya. Lihat aja di acara EHB (Exploration of Human Body), Shindong Oppa makan paling banyak diantara member lainnya (Donghae & Sungmin, cause member lainnya ga ikut makan). Kesukaannya adalah menonton comic movies, becanda/bikin lelucon (gag), dan tentu saja nge-dance. Shindong juga salah satu member dalam SuJu T dan SuJu H.

7. Sungmin (Lee Sung Min)
Sungmin adalah member SuJu kelahiran 1 Januari 1986. Ia mempunyai nama panggilan atau julukan Pumpkin Guy dan Sungmin Who’s Too Cute for Us. Sungmin oppa memang CUTE banget sihh…
Sungmin oppa punya adik laki-laki, namanya Lee Sungjin. Hobi Sungmin oppa yaitu Watching movies, Chinese martial arts, Playing musical instuments, dan Photography.
Soulmate Sungmin oppa di SuJu adalah Kyuhyun, entah bagaimana mulanya. Oh ya, selain lead dance, Sungmin oppa juga salah satu main vocal di SuJu, tetapi bukan anggota SuJu KRY. Sungmin oppa masuk dalam member Super Junior Trot dan Super Junior Happy. Dua subgroup itu lebih menonjolkan kelucuan, kekonyolan, dan keceriaan, berbeda dengan Super Junior KRY yang lebih seriusan.
Sungmin oppa sangat menyukai warna pink. Pernah suatu ketika ia ingin merubah style-nya. Tetapi, ketika ia membuka lemari pakaiannya, semua yang ada si lemari itu berwarna pink. Jadinya, ia tidak jadi merubah style-nya dan tetap setia pada pink. (kkkkkk…. ^o^) Tidak hanya dalam hal pakaian, pokoknya semua pink, termasuk casing (phone cover) HP. Satu hal lagi, ketika ia bertanya, untuk menyelesaikan kalimat “Super Junior is…..”, dia akan menjawab “a theme park”.
Oh ya, Sungmin oppa adalah member SuJu tercantik kedua setelah Heechul oppa. Sungmin oppa juga orang yang sangat care. Sungmin oppa ini menderita anemia. (seperti yang ditayangkan di acara EHB)

8. Eunhyuk (Lee Hyukjae)
Member terlucu, terimut, dan enak dipandang…..
Dialah Eunhyuk. Hehehe…
Eunhyuk oppa adalah salah satu lead dance dan rapper di SuJu. Bahkan ia disebut sebagai mesinnya dalam dunia dance. Dalam lagu-lagu SuJu yang ada rapp-nya, pasti ia yang nge-rapp, dibarengi Shindong oppa dan Kibum oppa.
Menurut salah satu info dari dunia maya, konon katanya lirik rapp dalam lagu Show Me Your Love (Super Junior feat DBSK) adalah karya Eunhyuk.
Member yang kata member SuJu lainnya ini gampang banget sedih (tersentuh) dan akhirnya menangis ternyata member tertua kedelapan atau termuda keenam di Super Junior. Tanggal lahirnya yaitu tanggal 4 bulan April tahun 1986.
Eunhyuk masuk dalam 2 subbagian Super Junior yaitu Super Junior T (Trot) dan Super Junior H (Happy). Seperti member SuJu yang lainnya, Eunhyuk oppa pun mempunyai julukan yaitu Monkey, Gem Adonis, Little Mermaid, cockroach, Hallyu Star, Hyojjae, dan Hyukgoo. (entah apa artinya dan apa sejarahnya sehingga ia mempunyai julukan itu.)
Aktivitas Eunhyuk oppa di luar aktivitas SuJu adalah menjadi penyiar radio bersama Leeteuk oppa. Dulu, Eunhyuk oppa sempat “awkward” terhadap Heechul oppa, tapi sekarang sudah akrab dan baikan lagi (berkat acara Super Junior Intimate Note).
Eunhyuk oppa soulmate is Donghae, mungkin karena umur mereka yang tidak terpaut begitu jauh. Eunhyuk oppa juga sangat dekat dengan Kim Junsu yang dulunya member dari DBSK. Pokoknya member SuJu yang ini mah lucu and ngegemesin banget. Hehehehe…. ^_^

9. Donghae (Lee Donghae/Aiden Lee)
Donghae, solumate-nya Eunhyuk ini lahir pada tanggal 15 Oktober 1986. Hanya berbeda sebelas hari dan enam bulan dari kelahiran Eunhyuk oppa. ^o^ heheheee…
Donghae oppa juga salah satu lead dance di Super Junior. Selain itu, ia juga termasuk member Super Junior Mandarin (SJ-M) bersama Siwon, Hankyung, Ryeowook, Kyuhyun, Henry, dan Zumi. SuJu M ini meyanyikan lagu-lagu yang berbahasa Mandarin, karena target pasar mereka adalah China dan sekitarnya (ah pokoknya gitu lah…). Donghae oppa ternyata mempunyai nama-nama julukan yaitu Fish, Sushi, Hweh, Ryeowook’s #1 Fan, Bada’s Dad (bada means sea), East Sea (Donghae means East Sea (Sea of Japan) in Korean), Mokpo Uljjang, dan Pinocchio (julukan yang satu ini diberikan oleh Heechul).
Hobi Donghae oppa adalah dancing, olahraga, bernyanyi, dan watching movies. Beberapa hal yang saya ketahui tentang Donghae oppa (berdasarkan salah satu blog yang saya jumpai) yaitu ia ingin menikah pada usia 32 tahun, ia takut pada hantu, dan makanan favoritnya adalah Kimchi. (wahhh… harus belajar memasak Kimchi nih?). Oh ya, Donghae oppa ini mempunyai dongsaeng kesayngan di SuJu, yaitu Kibum dan Ryeowook. Pokoknya Donghae oppa juga ga kalah lucu dan serunya dengan member SuJu lainnya.

10. Siwon (Choi Siwon)
Member SuJu yang mempunyai wajah prince ini adalah Choi Siwon. Member paling charming dan paling tinggi ini kelahiran 10 Februari 1987, tetapi ada juga satu blog yang menyatakan bahwa tanggal lahir Siwon oppa yang asli adalah 7 April 1986. Entahlah mana yang benar, harus tanya langsung (konfirmasi) pada Siwon oppa. *heuheuu…*
Sama seperti member SuJu lainnya, Siwon oppa juga mempunyai nama-nama julukan. Julukan yang menempel padanya yaitu Simba (pemberian Heechul oppa), #1 Fan of the LORD, bodyguard, gentleman, dan horse. Julukan horse didapat Siwon oppa pada waktu SuJu mengikuti/mengisi acara EHB.
Hobi Siwon oppa adalah singing, dancing, watching movies, Taekwondo, Chinese (language), dan playing drums.
Choi Siwon tumbuh di lingkungan keluarga yang strict, keluarga Protestan. Setelah bakatnya dilatih di Starlight Casting System pada tahun 2003, pada awalnya keluarga Siwon tidak menyetujui Siwon melanjutkan karirnya di bidang entertainment. Akan tetapi, setelah dipertimbangkan, akhirnya orang tua Siwon oppa menyetujui Siwon untuk tanda tangan di bawah agen bakat SM Entertainment. Di mana, ia telah dilatih dalam bidang singing, dancing, dan acting.
Di Super Junior, Siwon oppa ini termasuk dalam Super Junior M, di mana member-member SuJu-M ini adalah orang-orang yang bahasa Mandarinnya fasih dan baik.

11. Ryeowook (Kim Ryeowook)
Hwaaaa….. nyampe juga pada bagian Wookie oppa ^o^
Ryeowook, member kelahiran 21 Juni 1987 ini sering dibilang innocent boy oleh fansnya, ya karena tampangnya kaya gitu. Hehehe…
Wookie oppa sangat suka kalau mendapat sempel make-up gratis, tapi kalau make-up-nya jelek, ia akan segera menghapusnya. (hihiiihii…dsr Wookie oppa…)
Wookie atau yang mempunyai nama julukan Ryeonggoo, Eternal Maknae (youngest), Rank #1, Ryeowook On Top, Ex-Maknae ini adalah salah satu member SuJu yang suaranya paling top n keren, dan ia juga salah satu member Super Junior KRY dan Super Junior M (Mandarin). Menurutku, suara Ryeowook ini sangat khas, ia mempunyai ciri khas tersendiri, pokoknya beda! n_n hihii…
Oppa yang satu ini dapat dikatakan oppa paling pendek kalau dibandingkan dengan member Super Junior yang lainnya. Tinggi badan oppa adalah 173cm, tapi mungkin itu dahulu, siapa tahu sekarang sudah bertambah tinggi lagi dan bukan yang paling pendek. n_n
Share pengalaman oppa neh… ceritanya pada bulan Februari 2006, saat ia tampil dipanggung sepatunya lepas (padahal waktu itu dia belum begitu pengalaman dengan dunia panggung), tetapi ia menunggu waktu yang tepat untuk mengambil sepatunya dan ia tidak panik saat itu. (Hmm… cukup profesional). Terus, Ryeowook sangat suka ICE CREAM, di samping kesukaannya pada free sampel make-up. Selain itu, Wookie oppa bisa tidur sampai 18jam (waaaawwww…. O_o hahahaaa,, dsr oppa ada-ada aja!). Ada yang bilang bahwa Ryeowook ini adalah salah satu dongsaeng kesayangan Donghae, di samping Kibum oppa.

12. Kibum (Kim Gi-Bum)
Tadinya member SuJu yang satu ini adalah maknae (yang termuda) di SuJu, tetapi setelah Kyuhyun oppa masuk dan jadi member SuJu ke-13, maka tidak jadilah Kibum oppa sebagai maknae. Tanggal lahir Kibum yaitu 21 Agustus 1987. Jadi, Kibum oppa adalah member termuda kedua setelah Kyuhyun oppa.
Kibum adalah member yang paling kalem, diem, tapi kadang-kadang suka usil juga. Lihat saja keusilannya di acara Super Junior EHB episode 7 part 3.
Di lagu-lagu Super Junior, bagian Kibum oppa adalah rapper. Kibum oppa keren banget nge-rapp-nya waktu di lagu Don’t Don.
Tapi sayang banget, sekarang dia jarang muncul bersama SuJu. Kabarnya sih lagi memperdalam kemampuan acting-nya. Tapi, ada kabar lagi katanya nanti Kibum oppa bakal aktif lagi dengan segala aktivitas Super Junior yang super super… hehehee…. ^_^
Kibum oppa mempunyai seorang adik perempuan yang namanya Kim Saehee. Oh ya, dia juga punya nama julukan, mau tahu? Julukannya ini adalah Snow White.

13. Kyuhyun (Cho Kyuhyun)
Nah, ini dia maknae-nya SuJu, Kyuhyun atau Gyuhyun. Pemuda manis ini mempunyai tanggal lahir 3 Februari 1988. Dia mempunyai seorang kakak perempuan yang sangat sayang padanya, namanya Cho Ara. Ia dan kakaknya hanya berbeda usia dua tahun. Ketika ia menceritakan kakaknya kepada member-member SuJu, para member SuJu iri pada Kyuhyun karena mempunyai kakak perempuan yang cantik dan baik pula. (kata temanku sih gitu ceritanya)
Kyuhyun masuk jadi member Super Junior tidak bersamaan dengan 12 member lainnya. Lihat saja di MV Miracle (versi Korea) dan Happiness, tidak terllihat ada Kyuhyun kan?
Pertama kali Kyuhyun tampil di media sebagai anggota Super Junior pada liputan Jacket Photoshoot Single “U”, 23 Mei 2006. Penampilan debutnya adalah pada tanggal 26 Mei 2006 di SBS I-Concert, saat itu dia ikut menampilkan single “U”. Penampilan tersebut juga adalah penampilan pertama Super Junior sebagai grup permanen dan bukan lagi grup proyek. Pada awalnya banyak fans yang kecewa dengan penambahan Kyuhyun ke dalam grup, namun dengan cepat ia diterima oleh fans sebagai member ke-13 dan terakhir dari Super Junior. (sumber: wikipedia)
Kyuhyun oppa di Super Junior masuk dalam dua subgroup yaitu Super Junior M dan Super Junior KRY. Genre lagu yang dibawakan Super Junior M tidak jauh berbeda dengan Super Junior, hanya saja berbahasa Mandarin. Kyuhyun menjadi salah satu dari 5 anggota asli Super Junior yang juga merupakan anggota Super Junior M, bersama Hankyung, Siwon, Donghae, dan Ryeowook.
Pada tanggal 19 April 2007 dini hari, 4 anggota Super Junior bersama 2 orang manager-nya mengalami kecelakaan mobil yang mengakibatkan mereka harus dibawa ke rumah sakit. Kecelakaan serius tersebut terjadi ketika Kyuhyun, Leeteuk, Eunhyuk, dan Shindong kembali dari siaran Super Junior Kiss the Radio. Mobil mereka terbalik dan Kyuhyun yang pada saat itu duduk di belakang kursi pengemudi, mengalami luka-luka yang paling parah. Kyuhyun mengalami patah tulang pinggul, juga patah tulang rusuk yang mengakibatkan pneumothorax, luka-luka di wajah, juga memar-memar. (Tapi, Kyuhyun oppa kena pneumothorax bukan karena kecelakaan, soalnya pada saat dia kuliah juga sudah terkena penyakit pneumothorax.) Ia tidak sadarkan diri karena terkejut. Ia berada di ICU selama 6 hari, sebelum kemudian dipindahkan ke ruang perawatan normal. Pada tanggal 5 Juli 2007, setelah 78 hari menjalani perawatan, Kyuhyun diperbolehkan keluar dari rumah sakit. Untung saja dia sembuh kembali. Tapi, mungkin karena kecelakaan ini ia tidak dapat mengikuti wajib militer (wamil) seperti member-member SuJu lainnya.
Oh ya, ada beberapa fakta tentang Kyuhyun yaitu oppa paling suka main game. Ternyata dia udah main game sejak kelas 3 SD. Setelah pulang sekolah, Oppa buru-buru ke rumah supaya bisa cepat main game. Kalo ada temannya yang ngajak main keluar, Kyuhyun dengan sopan menjawab “tidak” atau Kyuhyun bilang kalo dia gak dikasih uang jajan. *hehehehe*
Kyuhyun mempunyai lebih dari 50 julukan nama. Karena banyak, Leeteuk Oppa pernah nanyak nama apa yang paling Kyuhyun suka diantara banyaknya julukan. Dia bilang paling suka nama “Gamekyu”. Tapi, Kyuhyun pernah bilang kalo dia nggak mau kalo orang ngolok-ngolok dengan sebutan Gamekyu. Soalnya orang tuanya pernah ngomel. (hahahaa… dsr, oppa yang ini lucu juga ternyata)
Julukan punya Kyu oppa: Maknae (termuda) On Top, Chic Kyu, Kyuristinao Ronaldo, Choding, Micky’s #1 Fan, Lord Kyu ,Sulky Kyu, Ham Kyu, Porn Kyu, Fit-In Kyu, Alien, Jesus Kyu, Dorm Kyu, Sexy Kyu, Baby Kyu, Shy Kyu, ELF Kyu, Green Kyu, Terror Kyu, Rotten Smile Kyu, Guinness Kyu, Voice Kyu, Dark Kyu, Model Kyu, Miracle Kyu, Doll Kyu, S Line Kyu, Basic Instinct Kyu, Game Kyu, Kyurying Fan, Drama Kyu, dll. (kabarnya, Kyu oppa ini mempunyai lebih dari 3000 nicknames)

Nah, saya cukupkan saja perkenalan dengan member-member Super Junior-nya ya? Eh, ada yang tertinggal dink, ada dua member lagi yang harus saya kenalkan kepada hadirin semua. *hehehehe* teman-teman tahu kan bahwa SuJu M itu ada dua member yang dari luar member SuJu, mereka adalah Henry Lau dan Zhou Mi. Mereka memang asli China, jadi tepatlah masuk SuJu-M.

A) Henry Lau
Nama lahirnya ya memang Henry Lau. Mengenai ulang tahunnya, menurut salah satu blog yang saya tengok tulisannya, Henry lahir pada tangal 11 Oktober 1998. Ia sekolah di A.Y.Jackson Secondary School. Selain itu, ternyata Henry mempunyai seorang kakak laki-laki dan seorang adik perempuan. (entah namanya siapa, hehehe…). Tidak kalah dengan 13 member Super Junior, member SuJu-M ini mempunyai nickname “Mochi”. (ehm… sama gak ya arti nickname “Mochi” dengan kue Moci asli Sukabumi? *Hehehehe…*)

B) Zhou Mi
Member SuJu-M yang sekilas mirip Siwon oppa ini mempunyai nama Zhou Mi. Ia adalah member yang mempunyai tanggal lahir 19 April 1986.
Sedikit yang saya ketahui tentang Zhou Mi, maaf ya Chingu…

SUBGROUP of SUPER JUNIOR
Super junior mempunyai subgroup-subgroup yang entah apa maksudnya dengan adanya subgroup-subgroup ini. Mungkin agar para fans SuJu-nya gak bosen,, tetep fresh,, atau apa (entahlah).

1. Super Junior KRY
SJ-KRY ditetapkan pada November 2006. Anggotanya terdiri dari Kyuhyun, Ryeowook, dan Yesung. Pemilihan Kyuhyun, Ryeowook, dan Yesung sebagai trio SuJu K.R.Y adalah karena suara mereka yang lebih powerful. Lagu-lagu yang dinyanyikan oleh SuJu K.R.Y ini adalah lagu-lagu dengan nuansa sedih dan style-nya adalah R&B dan ballad.

2. Super Junior T
SuJu-T atau Super Junior trot ini merupakan subgroup kedua di Super Junior. SJ-T terdiri dari 6 member yaitu Leeteuk (the leader), Heechul, Kang-In, Eunhyuk, Shindong, dan Sungmin. Genre SuJu-T ini ya… Trot. Lagu yang sudah dirilis yaitu Rakkugo. Lucu deh video klipnya. Pokoknya SuJu-T ini lebih menonjolkan kelucuan mereka.

3. Super Junior M
SJ-M adalah group musik internasional pertama di industri musik China yang member-membernya terdiri dari dua bangsa, yaitu keturunan bangsa China (Henry, Zhou Mi, dan Hankyung) dan keturunan bangsa Korea (Donghae, Siwon, Ryeowook, dan Kyuhyun). Selain itu, mereka juga group pertama yang diproduksi oleh Korea’s CT (Culture Technology) organization. Member SJ-M yaitu Hangeng/Hankyung (leader), Donghae, Siwon, Ryeowook, Kyuhyun, Henry, dan Zhou Mi. Mereka biasanya membawakan lagu-lagu SuJu tapi dalam bahasa Mandarin. Ada juga lagu yang memang punyanya SJ-M, yaitu Blue Tomorrow dan Super Girl.

4. Super Junior H

Super Junior Happy

Super Junior Happy

Subgroup keempat yang dimiliki Super Junior group. Membernya yaitu Leeteuk (leader), Yesung, Kang-In, Sungmin, Eunhyuk, dan Shindong. Lagu yang pernah dirilis yaitu Cooking-cooking dan Pajama Party. Nuansa yang dibawakan tidak jauh berbeda dengan SJ-T, yaitu keceriaan dan kelucuan.

ALBUM yang sudah dirilis:
1st album: SuperJunior05 (TWINS) – 2005
1. Miracle
2. TWINS (Knock Out)
3. You are the one
4. Rock this house
5. 차근차근 (Way for love)
6. So I
7. OVER
8. Keep in touch
9. L.O.V.E.
10. Believe
11. TWINS (Knock Out)

2nd album: Don’t Don (2007)
1. 돈 돈! (Don’t Don)
2. 소원이 있나요 (Sapphire Blue)
3. You’re my endless love (말하자면)
4. 미워 (Hate U, Love U)
5. Disco Drive
6. Marry U
7. I am
8. 사랑이 떠나다 (She’s gone)
9. Missin’
10. 거울 (Mirror)
11. 우리들의 사랑 (Our Love)
12. Midnight Fantasy
13. Thank you
14. 아주 먼 옛날 (Song for you)” (Bonus track)

3rd album: Sorry-sorry (2009)
1. Sorry, Sorry
2. 니가 좋은 이유 (Why I like you)
3. 마주치지 말자 (Let’s not…)
4. 앤젤라 (Angela)
5. Reset
6. Monster
7. What if
8. 이별… 넌 쉽니 (Heartquake)
9. Club No.1
10. Happy Together
11. 죽어있는 것 (Dead at heart)
12. Shining Star

4th album: Bonamana (2010)
1. 미인나 (Bonamana)
2. 나쁜 여자 (Boom Boom)
3. 응결 (Coagulation)
4. 나란 사람 (My Eyes)
5. My Only Girl
6. 사랑이 이렇게 (My All Is In You)
7. Shake It Up!
8. 잠들고 싶어 (In My Dream)
9. 봄날 (One Fine Spring Day)
10. 좋은 사람 (Good Person)
11. Here We Go

5th album: Mr. Simple (2011)
1. Mr. Simple
2. Opera
3. Be My Girl (라라라라)
4. Walkin
5. Storm (폭풍)
6. Good Friends (어느새 우린)
7. Feels Good
8. Memories (기억을 따라)
9. Sunflower (해바라기)
10. White Christmas (엉뚱한 상상)
11. Y
12. My Love, My Kiss, My Heart
13. Perfection (Korean ver.) [Bonus track]

1st Album Super Junior M (2008):
1. “迷 (Me)” — 3:59
2. “U” (remake of “U”) — 4:08
3. “至少还有你” (remake of “至少還有你”) — 4:14
4. “你是我的奇迹 (Miracle)” (remake of “Miracle”) — 3:19
5. “爱你爱你 (Love Song)” — 2:57
6. “我抱着我 (In my Arms)” — 3:44
7. “Don’t Don” (remake of “돈 돈! (Don’t Don)”) — 4:12
8. “Marry U” (remake of “Marry U”) – 3:17
9. “我的二分之一 (Full of Happiness)” (remake of “행복”) — 3:29
10. “渴望 (A Man In Love)” (remake of “갈증 (A Man In Love)”) — 4:33
11. “这一秒 (The Moment)” — 3:12
12. “The One” — 5:01
13. “迷 (Me)” (KOREAN VER.) 1 — 3:59 (Korea bonus track)
14. “당신이기에” (“至少还有你” KOREAN VER.) 1 — 4:14 (Korea bonus track)
15. “아이니아이니” (“爱你爱你” KOREAN VER.) 1 — 2:57 (Korea bonus track)

Selain album-album tersebut, ada juga minialbumnya.
Minialbum SJ-M (2009):
1. SUPER GIRL
2. 到了明天 (Blue Tomorrow)
3. 告白 (Confession)
4. 动情 (Only U)
5. 爱情接力 (You and me)
6. SUPER GIRL_Korean version
7. 내일이면 (Blue Tomorrow)_Korean version

Minialbum SJ-M (2011) – Too Perfect:
1. 太完美 (Perfection)
2. 命運線 (Destiny)
3. 幸福微甜 (Love Is Sweet)
4. 表白 (Off My Mind)
5. True Love
6. 吹一樣的風 (My All Is In You)

Repackaged Minialbum SJ-M (2011) – Too Perfect:
1. 西風的話
2. 태완미 (太完美 : Perfection) (Korean Ver.)

Minialbum SJ-H (2008):
1. Cooking-cooking
2. Pajama Party
3. You & I
4. Sunny
5. Good Luck!!

Single lagu SJ-T (2007):
1. Rakkugo
2. Nothing Like Me

Repackaged album:
2007:
1. U
2. Endless Moment
3. Lovely Day

2009 (Repackaged 3rd album – Sorry-sorry)
1. 그녀는 위험해 (She Wants It)
2. 너라고 (It’s You)
3. 사랑이 죽는 병 (Love Disease)
4. 첫번째 이야기 (Love U More)

2010 (Repackaged 4th album – Bonamana):
1. No Other
2. 여행 (A Short Journey) yang ada suara Kangin-nya.
3. Shake It Up! (Remix Ver.)
4. 진심 (All My Heart)

Tours – Asia tours
2008–2009: The 1st ASIA TOUR, Super Show
2009–2010: The 2nd ASIA TOUR, Super Show 2
2010-2011: The 3rd ASIA TOUR, Super Show 3

(diambil dan dikumpulkan dari beberapa narasumber, blog, dan artikel yang terkait)

For more pictures, please click  here!


19 responses to “Sedikit Tentang Super Junior (슈퍼 주니어)

  1. Hiya! I simply wish to give an enormous thumbs up for
    the great data you could have right here on this post.
    I might be coming back to your weblog for extra soon.

  2. SEM says:

    Good day! I just want to give a huge thumbs up for the great information you
    might have here on this post. I can be coming again to your blog for extra soon.

  3. elf says:

    sumpah ajib banget love to suju from elf

  4. dia says:

    artikelnya bgus .suju keren

  5. dia says:

    artikelnya bgus ,, suju keren2

  6. Reni Sparkyu 4ever says:

    Wah.. Suju emang paling OK !!
    Oh ya klo bleh tw Biodata.a Suju yang lengkap Banget D mna yach ??
    Yang ad zhou Mi & Henry ???

  7. Audira A S says:

    mmm.. Maaf nih, thor, sedikit ralat ya.. Setau aku si kyuhyun tuh gak ikut MV happiness , gara-gara kena kecelakaan ber4. Waktu itu dia udah ikut SJ kok.. Cuma karna kecelakaan itu aja dia dirawat lama banget, makanya gak ada dia di MV Happiness *sok tau mode on*. Tapi artikel-nya cukup lengkap kok thor.. Udah bagus tuh.. Keep Going ya ;D

  8. Wayan says:

    Hello,I’m Cheryn.Sure,I love your blog but…I have one question.Can you speak Korean?If you can,please teach me.Besides Super Junior,what kpop do you know?

    • Robita says:

      Hi Cheryn… =)
      thanks for visit my blog. I can speak Korean, but a litle, because I’m still study Korean Language… =) and I on elementary level. hahaha… ^O^
      besides SuJu, I know SNSD, f(x), SHINee, CN Blue, and Jang Geun Seok.
      where do u come from?

  9. tiayusnia says:

    kamsahanmida keren banget infonya chin gu……….. :)

  10. Anonymous says:

    super junior I love you

  11. Anonymous says:

    ihhh super junior imut2 deah bleh geak minta pinnya

  12. Anonymous says:

    zhou mi itu adlah nama cinanya si lee teuk,,… jadi zhou mi sama ee teuk itu org yg sama

  13. Cherry says:

    Waw , thx for share chingu ,, especially for Lee Teuk , Yesung , n Ryeowook oppa .. Hihihi~

  14. fishy Lover says:

    Anneyohangseo…

    SuJu mank paling keren..:D

    owh iya lw bleh di posting juga film yang di perankan para member SuJu…^_^

    gansahamnida…

    • Robita says:

      Ok, saya usahakan secepatnya.
      ditunggu ya cingu… ^_^

      terima kasih sudah mamp[ir d blogQ. ^o^

  15. Dewi SS501-SUJU Lovers says:

    waw…sangat lengkap info ttg suju nya

    • Wookielf says:

      terima kasih sudah berkunjung ke blogQ.
      beri tahu yang lainnya supaya membaca artikel2Q yaa.. hehehehe….
      klo ad permintaan (misal pengin di-postingin apa gitu,, bilang aja)
      gansahamnida cingu… ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: