Sinopsis Novel “Sang Pemimpi” Karya Andrea Hirata


(oleh Robita)

sang-pemimpinNovel ini adalah novel kedua dari tetralogi Laskar pelangi karya Andrea Hirata. Sang Pemimpi adalah sebuah kisah kehidupan yang mempesona yang akan membuat pembacanya percaya akan tenaga cinta, percaya pada kekuatan mimpi dan pengorbanan, selin itu juga memperkuat kepercayaan kepada Tuhan. Andrea berkelana menerobos sudut-sudut pemikiran di mana pembaca akan menemukan pandangan yang berbeda tentang nasib, tantangan intelektualitas, dan kegembiraan yang meluap-luap, sekaligus kesedihan yang mengharu biru. Selayaknya kenakalan remaja biasa, tetapi kemudian tanpa disadari kisah dan karakter-karakter dalam buku ini lambat laun menguasai, potret-potret kecil yang menawan akan menghentakkan pembaca pada rasa humor yang halus namun memiliki efek filosofis yang meresonansi.

Tiga orang pemimpi. Setelah tamat SMP, melanjutkan ke SMA Bukan Main, di sinilah perjuangan dan mimpi ketiga pemberani ini dimulai. Ikal salah satu dari anggota Laskar Pelangi dan Arai yang merupakan saudara sepupu Ikal yang sudah yatim piatu sejak SD dan tinggal di rumah Ikal, sudah dianggap seperti anak sendiri oleh Ayah dan Ibu Ikal, dan Jimbron, anak angkat seorang pendeta karena yatim piatu juga sejak kecil. Namun, pendeta yang sangat baik dan tidak memaksakan keyakinan Jimbron, malah mengantarkan Jimbron menjadi muslim yang taat.

Arai dan Ikal begitu pintar di sekolahnya, sedangkan Jimbron, si penggemar kuda ini biasa-biasa saja. Malah menduduki rangking 78 dari 160 siswa. Sedangkan Ikal dan Arai selalu menjadi lima dan tiga besar. Mimpi mereka sangat tinggi, karena bagi Arai, orang susah seperti mereka tidak akan berguna tanpa mimpi-mimpi. Mereka berdua mempunyai mimpi yang tinggi yaitu melanjutkan belajar ke Sorbonne Perancis. Mereka terpukau dengan cerita Pak Balia, kepala sekolahnya, yang selalu meyebut-nyebut indahnya kota itu. Kerja keras menjadi kuli ngambat mulai pukul dua pagi sampai jam tujuh dan dilanjutkan dengan sekolah, itulah perjuangan ketiga pemuda itu. Mati-matian menabung demi mewujudkan impiannya. Meskipun kalau dilogika, tabungan mereka tidak akan cukup untuk sampi ke sana. Tapi jiwa optimisme Arai tak terbantahkan.

Selesai SMA, Arai dan Ikal merantau ke Jawa, Bogor tepatnya. Sedangkan Jimbron lebih memilih untuk menjadi pekerja ternak kuda di Belitong. Jimbron menghadiahkan kedua celengan kudanya yang berisi tabungannya selama ini kepada Ikal dan Arai. Dia yakin kalau Arai dan Ikal sampai di Perancis, maka jiwa Jimbron pun akan selalu bersama mereka. Berbula-bulan terkatung-katung di Bogor, mencari pekerjaan untuk bertahan hidup susahnya minta ampun. Akhirnya setelah banyak pekerjaan tidak bersahabat ditempuh, Ikal diterima menjadi tukang sortir (tukang Pos), dan Arai memutuskan untuk merantau ke Kalimantan. Tahun berikutnya, Ikal memutuskan untuk kuliah di Ekonomi UI. Dan setelah lulus, ada lowongan untuk mendapatkan biasiswa S2 ke Eropa. Beribu-ribu pesaing berhasil ia singkirkan dan akhrinya sampailah pada pertandingan untuk memperebutkan 15 besar.

Saat wawancara tiba, tidak disangka, profesor pengujinya begitu terpukau dengan proposal riset yang diajukan Ikal, meskipun hanya berlatar belakang sarjana Ekonomi yang masih bekerja sebagai tukang sortir, tulisannya begitu hebat. Akhirnya setelah wawancara selesai, siapa yang menyangka, kejutan yang luar biasa. Arai pun ikut dalam wawancara itu. Bertahun-tahun tanpa kabar berita, akhirnya mereka berdua dipertemukan dalam suatu forum yang begitu indah dan terhormat. Begitulah Arai, selalu penuh dengan kejutan. Semua ini sudah direncanaknnya bertahun-tahun. Ternyata dia kuliah di Universitas Mulawarman dan mengambil jurusan Biologi. Tidak kalah dengan Ikal, proposal risetnya juga begitu luar biasa dan berbakat untuk menghasilkan teori baru.

Akhirnya sampai juga mereka pulang kampung ke Belitong. Ketika ada surat datang, mereka berdebar-debar membuka isinya. Pengumuman penerima Beasiswa ke Eropa. Arai begitu sedih karena dia sangat merindukan kedua orang tuanya. Arai sangat ingin membuka kabar itu bersama orang yang sangat dia rindukan. Kegelisahan dimulai. Baik Arai maupun Ikal, keduanya tidak kuasa mengetahui isi dari surat itu. Setelah dibuka, hasilnya adalah Ikal diterima di Perguruan tinggi Sorbone, Prancis. Setelah perlahan mencocokkan dengan surat Arai, inilah jawaban dari mimpi-mimpi mereka. Kedua sang pemimpi ini diterima di Universitas yang sama. Tapi ini bukan akhir dari segalanya. Di sinilah perjuangan dari mimpi itu dimulai, dan siap melahirkan anak-anak mimpi berikutnya.

 

About these ads

About Robita

I'm Robita. I love Super Junior, I like Girls' Generation. I'm studying Education and Literature of Indonesian Language, and also study Korean and English language (in my part-time). =) Sharing knowledge and information through a blog is fun. Selamat membaca... ^^

Posted on 12 June 2011, in artikel, Bahasa & Sastra Indonesia and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 103 Comments.

  1. wah sungguh dramatis ceritanya, seandainya sebagian besar anak – anak indonesia berpikir seperti itu pasti indonesia maju.

  2. membuat anak menjadi lebih bersemangat

  3. nie cerita bantu aq banget… siip dech….

  4. mulya trianisa

    tanks udah ngebantu tugas wa!

  5. Bisa ngebantu tugas UTS Matkul bahasa indonesia…hahahha
    Thanks yaaahh :-)

  6. GOOD ;)

  7. thank’s … it was very awesome.

  8. Waw …, novel ini sungguh mengagumkan.

  9. makash ya, jadi gx usah beli novel deh…………..

  10. THNKSH banget ya, jadi nya tugas selesai semua..

  11. Mengapa novel ini bermakna? :-)
    by:
    lampung timur.

  12. masak cuma gituch..

  13. Thanks bngt loh, tugas gua jdi slesai .. lega bngt rasanya (y)

  14. Thanks bngt loh, tugas gua jdi slesai .. lega bngt rasanya (y)

  15. beneran cuma segitu sinopsisnya? ga lebih panjang lagi?

  16. makasih ea tugas ku jaddi slesai

  17. Bagus buanget..!!

  18. Pr b.indonesia qw selesai dh.
    Makasih ea, sukses slalu buat blog ini

  19. q bingung?

  20. thank you ya tugas selesai wkwkwk

  21. Thanks yo

  22. TQ ya buat sinopsisinya :)

  23. mimpi bisa nyata karena kita percaya

  24. sebagai motivasi mewujudkan sebuah mimpi…..thanks andrea hirata

  25. lol semuanya kesini cuman buat tugas… yang pengen bacanya cuman dikit

  26. sangat membantu
    makasihh :)

  27. Revanichiourance

    Thanks gan,membantu bgt
    Sip dehh ^^
    Tugas gua jadi selesai…

  28. fuck lah,tugas gw di protes

  29. sangat membantu :) thanks :))

  30. Thans banget sinopsis ny.. Tugas gw jdi slesai..!! :D

  31. thanks banget, bantu buat tugas :)

  32. wah…..Tugas gue selesai…!

  33. trmksh atas infonya…

  34. Wow, awesome blog layout! How long have you been blogging for? you made blogging look easy. The overall look of your website is fantastic, as well as the content!. Thanks For Your article about Sinopsis Novel “Sang Pemimpi” Karya Andrea Hirata ROBITA: K-Pop & Languages Lovers .

  35. good ?,.,.,.,.,.,.,.,very good.,.,.,.,. OK>…..

  36. Sebuah cerita yg menggugah semangat, motivasi dan mimpi

  37. bagus bnget sinopsisnya

  38. thanks ya tugas gua beres

  39. Baskara Yuda Pratama

    THANK’S ya….. sekarang tugas b.indo gw selesai!!!!!

  40. Thank you so much y. .dgn ini aku bisa nyelesein tugas aku

  41. Wah,,critanya mengesnkn..
    Jdi pengen beli buku.y
    Thank’s yeah,,!! :-)

    • ayooo beli bukunya, dukung sastrawan dan panulis2 di Indonesia untuk lebih maju lagi,, kalau kita membeli novel aslinya, artinya sama saja dg memberi dukungan secara langsung, baik secara finansial maupun non-finansial thd penulis2 Indonesia. ^_^

  42. tinggal buka internet,g ush bingung g usah keluar rumah bwt nyari novel………………….. :)

  43. Duch kren bnget crita ny ???pngen bca trus,duch senang ny akhir ny selesai jg tgas B.indo qhu yes…..yes……
    Dan gc bigus2 lg dech.

  44. thank you so much robita tugas ku jadi selesai tapi koq banyak bgt bisa di rangkum biar dikit

    #http:/facebook/ramadhannadi53@yahoo.com FB

  45. Sangat bagus…
    Good job…

  46. rayhan ramadhan

    Tnx Gan,

  47. .. Hmm.. Akhrnya tgas quu slsae.. Tak usah capek” mkir dch.. Mksh yaa..

  48. buat yg share makasi bgt krn bntu gw bkn pr bhs indo.. .. .. :P

    thanks buat sinopnya ,bantu bgt bwt gw!

  49. yess!, gw dapet nilai 90 perfect!!!

  50. amellia currant

    good…
    sangat membantu .

  51. hhmmmm.. sippt

  52. temanya apa sih ??

  53. keren banget novell nya

  54. NOVEL nya aj dha keren ap lagi filmnya

  55. tq my home work is done

  56. makasih banyak ya teh :)

  57. dari sinopsis novel sang pemimpi itu aku jdi semangat buat belajar tuk mencapai cita cita ku

  58. ga mudeng………. :(

  59. TQ yah SOB tugas dari guru SMP sayah jadi SLESAI GOD job friendd

  60. ok banget….
    berkat novel nea tugas w slsayyyy…

    makasih banyak

  61. Thank you very much….Berkat loe tugas gua jadi kelar.,

  62. apa sihh ke unghulanx sinopsis inihh.. ??

  63. makasihh..makasih..makasihh… bangettt..
    berkatt sinopsi iniee tugass kughh selesaii.. +,+

  64. makasih ya buat sinopsis ini,
    sangat bermakna dan menginspirasi aku untuk bermimpi

  65. thanxz ea brxat sinopsis nie q jdi byza ngerjain tgz q!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  66. Makasih Banyak yaa~
    Berkat kamuu tugaskuu jadii Selesaii dengan cptt!! :D

  67. Thanks atas sinopsisnya
    jdi aq bsa ngerjain tugs bhsa indonesia

  68. ok…… selesai tugas nya… hehehe

  69. Waw sgt memukau n0vel ke 2 stlah lnjutn dr laskar pelangi, m0ga cerita ne mjdi cermin to smua org. . .

  70. ,..eMang buaagUs bnget ni,.snopsis,………..sngat luar biasha,.

  71. Sinopsis yang sangat2 keren…..

    w mw dunk jdi sang pemimpi

  72. Emang keren nih sinopsis…..

    w jdi pengen nulis Cerita panjang kya gini…..

    thank udah menginspirasi w…. :) to all

  73. sin0psis nya bgus

  74. JADIE NGERTI AKU BACA SINOPSIS INI.

  75. sinopsis itu ringkasan bukan?

    • Sinopsis itu gambaran cerita secara keseluruhan. Di novel-novel kan suka ada sinopsisnya tuh,, jadi walaupun kita belum membaca keseluruhan novel tersebut, tp setidaknya ada sedikit gambaran mengenai isi novel/ceritanya itu.
      Sudah pahamkah? =)
      kalau ada pertanyaan, silakan tulis aja, jangan sungkan =)

      _terima kasih sudah mampir di blog saya_ ^_^

  76. sinopsis’a membantu……….
    tapi aku masih sedikit bingung……. :D

    • mungkin ada yg bisa aku bantu? ;)
      katakan saja, kenapa jadi bingung?

      _terima kasih sudah mampir di blog saya_ ^_^

  77. sinopsis ny membantu bgt,,
    thank’s y……. ;)

  1. Pingback: Google

  2. Pingback: Resensi novel sang pemimpi http://clelio | sherosy

  3. Pingback: Sinopsis Novel “Sang Pemimpi” Karya Andrea Hirata « Bahasa Indonesia SMP

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: