Dunia Robita

Let's share knowledge and stories with me!

Sinopsis Novel “Sang Pemimpi” Karya Andrea Hirata

on 12 June 2011

(oleh Robita)

sang-pemimpinNovel ini adalah novel kedua dari tetralogi Laskar pelangi karya Andrea Hirata. Sang Pemimpi adalah sebuah kisah kehidupan yang mempesona yang akan membuat pembacanya percaya akan tenaga cinta, percaya pada kekuatan mimpi dan pengorbanan, selin itu juga memperkuat kepercayaan kepada Tuhan. Andrea berkelana menerobos sudut-sudut pemikiran di mana pembaca akan menemukan pandangan yang berbeda tentang nasib, tantangan intelektualitas, dan kegembiraan yang meluap-luap, sekaligus kesedihan yang mengharu biru. Selayaknya kenakalan remaja biasa, tetapi kemudian tanpa disadari kisah dan karakter-karakter dalam buku ini lambat laun menguasai, potret-potret kecil yang menawan akan menghentakkan pembaca pada rasa humor yang halus namun memiliki efek filosofis yang meresonansi.

Tiga orang pemimpi. Setelah tamat SMP, melanjutkan ke SMA Bukan Main, di sinilah perjuangan dan mimpi ketiga pemberani ini dimulai. Ikal salah satu dari anggota Laskar Pelangi dan Arai yang merupakan saudara sepupu Ikal yang sudah yatim piatu sejak SD dan tinggal di rumah Ikal, sudah dianggap seperti anak sendiri oleh Ayah dan Ibu Ikal, dan Jimbron, anak angkat seorang pendeta karena yatim piatu juga sejak kecil. Namun, pendeta yang sangat baik dan tidak memaksakan keyakinan Jimbron, malah mengantarkan Jimbron menjadi muslim yang taat.

Arai dan Ikal begitu pintar di sekolahnya, sedangkan Jimbron, si penggemar kuda ini biasa-biasa saja. Malah menduduki rangking 78 dari 160 siswa. Sedangkan Ikal dan Arai selalu menjadi lima dan tiga besar. Mimpi mereka sangat tinggi, karena bagi Arai, orang susah seperti mereka tidak akan berguna tanpa mimpi-mimpi. Mereka berdua mempunyai mimpi yang tinggi yaitu melanjutkan belajar ke Sorbonne Perancis. Mereka terpukau dengan cerita Pak Balia, kepala sekolahnya, yang selalu meyebut-nyebut indahnya kota itu. Kerja keras menjadi kuli ngambat mulai pukul dua pagi sampai jam tujuh dan dilanjutkan dengan sekolah, itulah perjuangan ketiga pemuda itu. Mati-matian menabung demi mewujudkan impiannya. Meskipun kalau dilogika, tabungan mereka tidak akan cukup untuk sampi ke sana. Tapi jiwa optimisme Arai tak terbantahkan.

Selesai SMA, Arai dan Ikal merantau ke Jawa, Bogor tepatnya. Sedangkan Jimbron lebih memilih untuk menjadi pekerja ternak kuda di Belitong. Jimbron menghadiahkan kedua celengan kudanya yang berisi tabungannya selama ini kepada Ikal dan Arai. Dia yakin kalau Arai dan Ikal sampai di Perancis, maka jiwa Jimbron pun akan selalu bersama mereka. Berbula-bulan terkatung-katung di Bogor, mencari pekerjaan untuk bertahan hidup susahnya minta ampun. Akhirnya setelah banyak pekerjaan tidak bersahabat ditempuh, Ikal diterima menjadi tukang sortir (tukang Pos), dan Arai memutuskan untuk merantau ke Kalimantan. Tahun berikutnya, Ikal memutuskan untuk kuliah di Ekonomi UI. Dan setelah lulus, ada lowongan untuk mendapatkan biasiswa S2 ke Eropa. Beribu-ribu pesaing berhasil ia singkirkan dan akhrinya sampailah pada pertandingan untuk memperebutkan 15 besar.

Saat wawancara tiba, tidak disangka, profesor pengujinya begitu terpukau dengan proposal riset yang diajukan Ikal, meskipun hanya berlatar belakang sarjana Ekonomi yang masih bekerja sebagai tukang sortir, tulisannya begitu hebat. Akhirnya setelah wawancara selesai, siapa yang menyangka, kejutan yang luar biasa. Arai pun ikut dalam wawancara itu. Bertahun-tahun tanpa kabar berita, akhirnya mereka berdua dipertemukan dalam suatu forum yang begitu indah dan terhormat. Begitulah Arai, selalu penuh dengan kejutan. Semua ini sudah direncanaknnya bertahun-tahun. Ternyata dia kuliah di Universitas Mulawarman dan mengambil jurusan Biologi. Tidak kalah dengan Ikal, proposal risetnya juga begitu luar biasa dan berbakat untuk menghasilkan teori baru.

Akhirnya sampai juga mereka pulang kampung ke Belitong. Ketika ada surat datang, mereka berdebar-debar membuka isinya. Pengumuman penerima Beasiswa ke Eropa. Arai begitu sedih karena dia sangat merindukan kedua orang tuanya. Arai sangat ingin membuka kabar itu bersama orang yang sangat dia rindukan. Kegelisahan dimulai. Baik Arai maupun Ikal, keduanya tidak kuasa mengetahui isi dari surat itu. Setelah dibuka, hasilnya adalah Ikal diterima di Perguruan tinggi Sorbone, Prancis. Setelah perlahan mencocokkan dengan surat Arai, inilah jawaban dari mimpi-mimpi mereka. Kedua sang pemimpi ini diterima di Universitas yang sama. Tapi ini bukan akhir dari segalanya. Di sinilah perjuangan dari mimpi itu dimulai, dan siap melahirkan anak-anak mimpi berikutnya.

 

About these ads

104 responses to “Sinopsis Novel “Sang Pemimpi” Karya Andrea Hirata

  1. Anonymous says:

    Aq rk mudeng

  2. Anonymous says:

    mantap

  3. Anonymous says:

    wah sungguh dramatis ceritanya, seandainya sebagian besar anak – anak indonesia berpikir seperti itu pasti indonesia maju.

  4. Anonymous says:

    membuat anak menjadi lebih bersemangat

  5. Anonymous says:

    nie cerita bantu aq banget… siip dech….

  6. mulya trianisa says:

    tanks udah ngebantu tugas wa!

  7. icooh says:

    Bisa ngebantu tugas UTS Matkul bahasa indonesia…hahahha
    Thanks yaaahh :-)

  8. @ana_ashravia says:

    GOOD ;)

  9. Anonymous says:

    thank’s … it was very awesome.

  10. Google says:

    Google

    Every as soon as inside a although we pick blogs that we study. Listed below would be the newest web pages that we pick.

  11. Kafi says:

    Waw …, novel ini sungguh mengagumkan.

  12. makash ya, jadi gx usah beli novel deh…………..

  13. Nika Insaqgi says:

    THNKSH banget ya, jadi nya tugas selesai semua..

  14. Anhiza comet says:

    Mengapa novel ini bermakna? :-)
    by:
    lampung timur.

  15. auliya says:

    masak cuma gituch..

  16. Yunita says:

    Thanks bngt loh, tugas gua jdi slesai .. lega bngt rasanya (y)

  17. Anonymous says:

    Thanks bngt loh, tugas gua jdi slesai .. lega bngt rasanya (y)

  18. sam says:

    beneran cuma segitu sinopsisnya? ga lebih panjang lagi?

  19. Anonymous says:

    makasih ea tugas ku jaddi slesai

  20. Monika says:

    Bagus buanget..!!

  21. Andhika says:

    Pr b.indonesia qw selesai dh.
    Makasih ea, sukses slalu buat blog ini

  22. heri S. says:

    q bingung?

  23. Chan says:

    thank you ya tugas selesai wkwkwk

  24. Volectra says:

    Thanks yo

  25. Anonymous says:

    TQ ya buat sinopsisinya :)

  26. zhel" says:

    mimpi bisa nyata karena kita percaya

  27. Anonymous says:

    sebagai motivasi mewujudkan sebuah mimpi…..thanks andrea hirata

  28. dhipz says:

    lol semuanya kesini cuman buat tugas… yang pengen bacanya cuman dikit

  29. Anonymous says:

    sangat membantu
    makasihh :)

  30. Revanichiourance says:

    Thanks gan,membantu bgt
    Sip dehh ^^
    Tugas gua jadi selesai…

  31. jacky says:

    fuck lah,tugas gw di protes

  32. hendz says:

    makasih gan,,, :D

  33. Anonymous says:

    sangat membantu :) thanks :))

  34. Faisal says:

    Thans banget sinopsis ny.. Tugas gw jdi slesai..!! :D

  35. thanks banget, bantu buat tugas :)

  36. IV@N W@HYU says:

    wah…..Tugas gue selesai…!

  37. ivan wahyu says:

    trmksh atas infonya…

  38. Wow, awesome blog layout! How long have you been blogging for? you made blogging look easy. The overall look of your website is fantastic, as well as the content!. Thanks For Your article about Sinopsis Novel “Sang Pemimpi” Karya Andrea Hirata ROBITA: K-Pop & Languages Lovers .

  39. good ?,.,.,.,.,.,.,.,very good.,.,.,.,. OK>…..

  40. Anonymous says:

    Sebuah cerita yg menggugah semangat, motivasi dan mimpi

  41. Anonymous says:

    bagus bnget sinopsisnya

  42. Anonymous says:

    thanks ya tugas gua beres

  43. Baskara Yuda Pratama says:

    THANK’S ya….. sekarang tugas b.indo gw selesai!!!!!

  44. Thank you so much y. .dgn ini aku bisa nyelesein tugas aku

  45. Nurul Izzatul says:

    Wah,,critanya mengesnkn..
    Jdi pengen beli buku.y
    Thank’s yeah,,!! :-)

    • Robita says:

      ayooo beli bukunya, dukung sastrawan dan panulis2 di Indonesia untuk lebih maju lagi,, kalau kita membeli novel aslinya, artinya sama saja dg memberi dukungan secara langsung, baik secara finansial maupun non-finansial thd penulis2 Indonesia. ^_^

  46. irsyad says:

    tinggal buka internet,g ush bingung g usah keluar rumah bwt nyari novel………………….. :)

  47. Fitry sweet says:

    Duch kren bnget crita ny ???pngen bca trus,duch senang ny akhir ny selesai jg tgas B.indo qhu yes…..yes……
    Dan gc bigus2 lg dech.

  48. ramadhanandi says:

    thank you so much robita tugas ku jadi selesai tapi koq banyak bgt bisa di rangkum biar dikit

    #http:/facebook/ramadhannadi53@yahoo.com FB

  49. Hafis rianto says:

    Sangat bagus…
    Good job…

  50. rayhan ramadhan says:

    Tnx Gan,

  51. Ryca says:

    .. Hmm.. Akhrnya tgas quu slsae.. Tak usah capek” mkir dch.. Mksh yaa..

  52. LLawliet 2 says:

    buat yg share makasi bgt krn bntu gw bkn pr bhs indo.. .. .. :P

    thanks buat sinopnya ,bantu bgt bwt gw!

  53. jack says:

    yess!, gw dapet nilai 90 perfect!!!

  54. amellia currant says:

    good…
    sangat membantu .

  55. rizki says:

    hhmmmm.. sippt

  56. Anonymous says:

    temanya apa sih ??

  57. Anonymous says:

    keren banget novell nya

  58. alfi says:

    NOVEL nya aj dha keren ap lagi filmnya

  59. sarah says:

    Sinopsisnya keren

  60. lalala says:

    tq my home work is done

  61. Anonymous says:

    makasih banyak ya teh :)

  62. rini harisa says:

    dari sinopsis novel sang pemimpi itu aku jdi semangat buat belajar tuk mencapai cita cita ku

  63. owen says:

    ga mudeng………. :(

  64. ADAM13 says:

    TQ yah SOB tugas dari guru SMP sayah jadi SLESAI GOD job friendd

  65. Anonymous says:

    ok banget….
    berkat novel nea tugas w slsayyyy…

    makasih banyak

  66. Anonymous says:

    makasi

  67. Nur halimah says:

    Thank you very much….Berkat loe tugas gua jadi kelar.,

  68. irjhy says:

    apa sihh ke unghulanx sinopsis inihh.. ??

  69. irjhy says:

    makasihh..makasih..makasihh… bangettt..
    berkatt sinopsi iniee tugass kughh selesaii.. +,+

  70. Anonymous says:

    makasih ya buat sinopsis ini,
    sangat bermakna dan menginspirasi aku untuk bermimpi

  71. vanila says:

    thanxz ea brxat sinopsis nie q jdi byza ngerjain tgz q!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  72. Husnul Ainun K says:

    Makasih Banyak yaa~
    Berkat kamuu tugaskuu jadii Selesaii dengan cptt!! :D

  73. Fuad Chumay says:

    Thanks atas sinopsisnya
    jdi aq bsa ngerjain tugs bhsa indonesia

  74. ok…… selesai tugas nya… hehehe

  75. Uchye says:

    Waw sgt memukau n0vel ke 2 stlah lnjutn dr laskar pelangi, m0ga cerita ne mjdi cermin to smua org. . .

  76. ,..eMang buaagUs bnget ni,.snopsis,………..sngat luar biasha,.

  77. Rizki says:

    Sinopsis yang sangat2 keren…..

    w mw dunk jdi sang pemimpi

  78. Rizki says:

    Emang keren nih sinopsis…..

    w jdi pengen nulis Cerita panjang kya gini…..

    thank udah menginspirasi w…. :) to all

  79. Anonymous says:

    sin0psis nya bgus

  80. BUCUKREZZ says:

    JADIE NGERTI AKU BACA SINOPSIS INI.

  81. devi says:

    sinopsis itu ringkasan bukan?

    • Robita says:

      Sinopsis itu gambaran cerita secara keseluruhan. Di novel-novel kan suka ada sinopsisnya tuh,, jadi walaupun kita belum membaca keseluruhan novel tersebut, tp setidaknya ada sedikit gambaran mengenai isi novel/ceritanya itu.
      Sudah pahamkah? =)
      kalau ada pertanyaan, silakan tulis aja, jangan sungkan =)

      _terima kasih sudah mampir di blog saya_ ^_^

  82. dongbangshinki says:

    sinopsis’a membantu……….
    tapi aku masih sedikit bingung……. :D

    • Robita says:

      mungkin ada yg bisa aku bantu? ;)
      katakan saja, kenapa jadi bingung?

      _terima kasih sudah mampir di blog saya_ ^_^

  83. putri says:

    sinopsis ny membantu bgt,,
    thank’s y……. ;)

  84. galang says:

    ok banget

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: