Diposkan pada artikel, umum

Penyalahgunaan Acara Reality Show


Hati-hati terhadap orang-orang yang meminta uang kepada Anda. Bisa saja mereka sebenarnya adalah pengemis. Dua kali saya bertemu dengan seorang nenek yang meminta uang dengan alasan untuk ongkos pergi ke terminal Caheum. Yang membuat saya merasa aneh, nenek tersebut setiap bertemu selalu minta uang, alasannya sama, dan gaya penyampaiannya sama pula. Ngomongnya dengan cara berbisik. Mungkinkah hal itu merupakan cara mengemis dengan model baru? Yakni dengan cara pura-pura meminta tolong.

Karena kebetulan saat itu saya tidak dapat memberinya uang, Sang nenek pun pergi ke orang lain. Aneh, kenapa bisa sampai dua kali nenek tersebut meminta uang kepada orang yang tidak dikenalnya? Dan kenapa pula setiap meminta uang selalu beralasan untuk ongkos pergi ke terminal Caheum? Benarkah ia benar-benar kehabisan uang? Kenapa bisa sampai dua kali dan sama persis?

Selain itu, saya juga pernah bertemu dengan anak kecil yang tiba-tiba meminta uang Rp20.000,00 kepada saya dan teman saya. Alasan anak tersebut meminta uang adalah untuk membeli obat ibunya. Penampilan anak tersebut sama seperti anak-anak yang juga melakukan hal yang sama di suatu acara Reality Show di sebuah TV swasta nasional. Akankah hal tersebut merupakan penyalahgunaan acara yang ada di TV tersebut? Atau mereka mengemis dengan cara yang baru?

(Sebenarnya masih banyak kejadina lainnya yang sepertinya meniru acara kemausiaan yang diadakan di TV swasta. Dengan adanya acara tersebut, mereka memanfaatkannya untuk menipu korban-korbannya. Lalu,  bagaimana cara menolong mereka yang benar-benar butuh pertolongan dengan mereka yang pura-pura butuh pertolongan?)

 

Iklan

Penulis:

I'm Robita, an Indonesian who loves writing than speaking, loves singing and playing music, and prefers to be quiet than arguing. Don’t forget to subscribe! Terima kasih, thank you, Dankeschön! Contact me through email: r162.id@gmail.com.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s