Posted in artikel, umum

KABUMI-UPI Kembali Menggelar Lomba Musik Angklung Padaeng (LMAP) ke-VII


Mewakili salah satu dari sekian banyak kesenian di Indonesia, musik angklung telah menjadi kebanggaan rakyat Indonesia pada umumnya dan warga Jawa Barat pada khususnya. Jiwa kebersamaan dan kekompakan yang terdapat dalam angklung merupakan representasi jiwa luhur bangsa Indonesia. Dengan sekian banyak keunikan yang dimilikinya, angklung mampu memadukan warna keindahan musik dalam kokohnya jiwa persatuan secara universal di semua kalangan. Selain itu, suatu kebanggaan bahwa angklung dijadikan sebagai salah satu alat pendidikan musik di sekolah-sekolah, sebagaimana tercantum dalam SK MENDIKBUD RI No.082/1968. Terlebih lagi dengan dimasukkannya angklung dalam daftar representatif budaya tak benda warisan manusia oleh UNESCO menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat angklung.

Tahun ini, KABUMI kembali akan menggelar Lomba Musik Angklung Padaeng (LMAP) ke-VII. Tujuannya tak jauh dari upaya untuk melestarikan musik angklung. “Selain itu, dengan diselenggarakannya LMAP ini diharapkan menjadi standar dalam penyelenggaraan lomba-lomba musik angklung di Indonesia”, ucap ketua pelaksana LMAP VII.

Lomba yang diadakan setiap dua tahun sekali ini akan diikuti oleh siswa-siswi tingkat SD/MI, SMP/MTs, serta SMA dan sederajatnya dari berbagai daerah, seperti Jakarta, Banten, Tasikmalaya, Subang, Cianjur, Depok, Bogor, Cimahi, dan dari kota serta kabupaten Bandung tentunya. Masuknya peserta dari Tasikmalaya, Cianjur, Depok, dan Bogor ini menjadi tangga kemajuan bagi penitia penyelenggara, karena hal itu menandakan bahwa LMAP telah diketahui oleh masyarakat angklung secara luas, tidak hanya Bandung dan sekitarnya saja. Keutuhan nada, teknik musikalisasi, interpretasi dan ekspresi, penampilan, serta kreatifitas menjadi kriteria dalam penilaian.

Kali ini KABUMI mengangkat tema “Harmoni Kebangkitan Negeri”. Pengambilan tema tersebut dilatarbelakangi oleh bertepatannya pelaksanaan LMAP VII dengan Hari Pendidikan Nasional dan Hari Kebangkitan Nasional, yakni bulan Mei, sehinga diharapkan dengan adanya LMAP VII ini dapat dijadikan ajang dan tonggak pemersatu perbedaan yang di Indonesia dan memberikan peran sebagai semangat pembangkit keberhasilan negeri. Oleh karena itulah, pemilihan lagu wajib “Merah Putih” untuk SD, “Zamrud Khatulistiwa” untuk SMP, dan “Seuneu Bandung” untuk SMA, serta lagu-lagu daerah lainnya ini dapat menjadi penyemangat dan penyadaran akan kayanya negeri Indonesia.

LMAP yang tahun ini diketuai oleh Deka Karyadi, mahasiswa jurusan Teknik Mesin 2009, akan diselenggarakan selama tiga hari berturut-turut dan akan diikuti oleh puluhan peserta. Tentunya ada sesuatu yang berbeda yang dalam LMAP VII bila dibandingkan dengan LMAP-LMAP sebelumnya, yakni dari segi peserta yang sangat melonjak, yang mana pada saat LMAP V (2008) diikuti oleh 43 peserta dan LMAP VI (2010) diikuti oleh 38 peserta, kini LMAP VII (2012) akan diikuti oleh 56 peserta. Hal tersebut menunjukkan bahwa LMAP sangat dinantikan dan diapresiasi dengan sangat antusias oleh siswa SD sampai SMA dan sederajatnya. Selain rasa antusias yang tinggi dari peserta, LMAP juga telah menjadi lomba angklung tingkat nasional pertama di Indonesia, sehingga memberikan prestise tersendiri bagi setiap pemenangnya.

KABUMI sebagai penyelenggara yang berada di bawah pengawasan Unit Pelaksana Teknis Direktorat Kemahasiwaan UPI ini, telah melakukan persiapan yang dengan maksimal, mulai dari technical meeting yang sudah dilaksanakan dua kali, dan yang ketiga kalinya ini dilaksanakan pada hari Jumat, 18 Mei 2012, sampai pada persiapan untuk hari H itu sendiri. Sementara pelaksanaan lombanya akan dilaksanakan pada hari Jumat sampai Minggu, 25-27 Mei 2012, bertempat di BPU UPI. Beberapa sumber info yang dapat diakses oleh peserta dan siapapun yang ingin tahu tentang LMAP VII ini diantaranya halaman facebook “LMAP VII”, twitter “@infoLMAP7”, dan website www.lmap7.kabumi-upi.org. Dengan demikian, siapapun, di manapun, dan kapanpun dapat melihat perkembangan LMAP VII dan info-info terbaru yang dipasang oleh panitia.

oleh: Robita Ika Annisa (Koord. LO)🙂
(Foto-foto insya Allah segera menyusul) ^^

Author:

I'm Robita, an Indonesian girl who loves writing than speaking, loves singing and playing music, and prefers to be quiet than arguing. All my posts here show you my skills in writing related to my age, my knowledge, my experience, my hobby, and my interest at that time.

2 thoughts on “KABUMI-UPI Kembali Menggelar Lomba Musik Angklung Padaeng (LMAP) ke-VII

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s