Posted in artikel, K-Pop

Di Balik Angka 1004 (Seribu Empat)


Awalnya aku biasa saja melihat angka 1004. Aku rasa itu angka yang disukai Leeteuk Super Junior, lihat saja akun twitternya (@special1004).

leeteuk

 

Tapi, pas lagi lihat video “BTS – Boy in Luv” di youtube, di deretan video-video K-Pop lainnya ada salah satu video yang membuatku tertarik untuk menceritakannya di sini, hehhee…. Ya, video itu adalah videonya BAP dengan judul lagu “1004 (Angel)”, langsung aja kuklik video itu. Terus aku langsung buka kamus bahasa Korea untuk mencari tahu kenapa angka 1004 (seribu empat) disamaartikan dengan angel (bidadari/malaikat).

BAP - Angel

 

Ternyata eh ternyata, kata ‘angel’ dalam bahasa Koreanya yaitu 천사[cheonsa] yang mana angka 1004 pun dilafalkan dengan kata yang sama yaitu cheonsa. Kata cheonsa dalam angka 1004 berasal dari kata [cheon] yang berarti ‘seribu’ dan kata [sa] yang berarti ‘empat’. Jadi, 천사 yang menunjukkan angka 1004 dengan kata ‘malaikat’ itu sama, ya sama-sama천사[cheonsa]. Setahu aku, kosakata dalam bahasa Korea memang mempunyai banyak kata yang berhomonim dan berhomofon. Nah, ini adalah salah satu contoh kata homonim dalam bahasa Korea.

See? Kita tidak hanya mengidolakan artis-artis Korea, tetapi dapat juga mempelajari sesuatu dari mereka, salah satunya bahasa Korea itu sendiri.

Yuk, jadi penggemar Korea yang tidak hanya menikmati karya-karya mereka, tetapi juga mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru dari mereka.

Author:

I'm Robita, an Indonesian girl who loves writing than speaking, loves singing and playing music, and prefers to be quiet than arguing. All my posts here show you my skills in writing related to my age, my knowledge, my experience, my hobby, and my interest at that time.

3 thoughts on “Di Balik Angka 1004 (Seribu Empat)

  1. aku tambahin ni sedikit info tentang si angka “1004” ini. Jadi, setelah berbincang dengan teman asal negara ginseng, angka “1004” digunakan sebagai nama samaran, ya bisa dibilang begitu. Angka “1004” ini digunakan saat seseorang menyukai orang lain secara diam-diam dan tidak ingin diketahui identitasnya. So swit yah???? =D

    Seperti ini contohnya:
    to: Jonghyun CN BLUE (gpp yah???)
    from: 1004 – Angel – 천사
    Aku melihat kamu hari ini tidak terlalu bersemangat.
    Kamu sakit?
    Jaga kesehatan yah… =D

    Yah, seperti itulah kira-kira.
    Oh iya, kita boleh menggunakan “1004” atau “Angel” atau pun “천사”.
    terserah deh, mau pilih yang mana. hehehehe ..

    Terus untuk, yang di lagu BAP itu, saya belum nyoba terjemahin maksudnya gimana, bisa cari digoogle juga sih… Tapi begitulah pemkaian si angka “1004” yang saya tau ….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s