Posted in artikel, K-Pop

Sekilas Tentang BTS (방탄소년단)


Hai semua…

BTS

Lama juga saya gak nulis tentang K-Pop. Hahaa… Nah, kali ini yang menjadi pembahasan saya adalah BTS (방탄소년단) atau dikenal dengan nama Bangtan Boys atau dalam Bahasa Inggrisnya Bulletproof Boys Scout. Maklum, lagi seneng BTS, hahaa…

Nama Bangtan Boys dipilih karena memiliki arti cowok antipeluru (bulletproof boys). Tapi, tentunya arti tersebut tidak dimaknai mentah-mentah, soalnya maksud dari ‘cowok antipeluru’ di sini adalah mereka dapat menahan peluru yang menyerang ke arah mereka. ‘Peluru’ itu sendiri dapat diartikan sebagai segala halang rintang yang dialami anak muda pada umumnya. *hmm… bingung ngejelasinnya, tapi intinya begitulah, hehee…*

Secara fisik, ketika member BTS tidak memakai make-up sangat terlihat wajah remajanya, terlihat polos, lugu, lucu, dan terlihat sangat muda kalau dibandingkan dengan saya, wkwkwkwkk… Tapi, kalau sudah di atas panggung, mereka terlihat lebih matang, mantap, dan oke bangeeeettt!

BTS terdiri atas 7 orang yaitu Rap Monster sebagai leader, lalu di barisan vokal ada Jin, V, Jungkook, dan Jimin, dan yang lainnya yaitu J-Hope dan Suga. Setiap member mempunyai pesona dan daya tarik tersendiri bagi fans-nya. Oh ya, tidak lama sejak mereka debut, BTS langsung mengumumkan nama resmi fans mereka, ARMY (Adorable Representative M.C for Youth). Nama fans mereka diresmikan pada tanggal 9 Juli 2013, 28 hari sejak mereka debut.

Menurut saya, lagu-lagu yang dibawakan oleh BTS benar-benar beda dengan lagu-lagu K-Pop pada umumnya, dan saya menyukai itu. Hehee… Terus, lagu yang mereka bawakan memang cocok dengan usia dan gaya mereka. Hmm… kalau membahas lagu, tampaknya harus ada pembahasan tersendiri karena pasti panjaaaaaaaaanggg bangeeetttt…

So, now let’s talk about the members. As you all know guys, BTS has 7 members and here is their profiles.

  1. Rap Monster (김남준)

rapmonster3Rap Monster mempunyai beberapa nama panggilan, diantaranya yaitu RapMon yang merupakan kependekan dari Rap Monster, Leader Mon karena ia memang leader di BTS, dan God of Destruction karena apapun yang ia sentuh pasti rusak. RapMon diangkat sebagai ketua grup karena dialah satu-satunya member yang bertahan sejak BTS dibentuk pada tahun 2010, sedangkan anggota lainnya mengalami pergantian. Selain itu, di antara member lainnya, hanya Rap Monster yang kemampuan berbahasa Inggrisnya paling baik dan fasih. Konon katanya ia mempelajari bahasa Inggris sewaktu ia di sekolah tinggi (SMA/college mungkin maksudnya ya?) dan meraih skor TOEIC 850. Nama Rap Monster dipilihnya karena ia bisa memainkan rap dalam beat apapun, menurut lagu “We are Bulletproof Pt.2” sih gitu. Nah, karena kemampuannya dalam nge-rap, selain sebagai leader, ia juga rapper utama (main rapper) di BTS. Cowok kelahiran 12 September 1994 ini memiliki tinggi badan sekitar 181 cm, bisa dikatakan RapMon merupakan member tertinggi di BTS. Hobi RapMon selain musik adalah suka berselancar di dunia maya. Oh ya, RapMon mulai mengenal musik hipgop dan belajar nge-rapp sejak ia masih di tingkat SMP, loh.

  1. Jin (김석진)

jinBerdasarkan tanggal lahir, Jin merupakan member paling tua di BTS. Dia sering disebut “ibunya” BTS karena suka bangun paling awal dan suka memasak, jelas terlihat di blog resminya BTS bahwa Jin paling sering memasak dan masakannya terlihat sangat enak, eemm… yummy… Jin suka permainan Super Mario, sama kaya saya, wkwkwk…

Posisi Jin di BTS adalah sebagai visual dan vokalis. Cowok kelahiran 4 Desember 1992 ini suka warna pink, karena itulah fans-nya memberi nama Pink Princess dan Jin  Princess. Menurut saya, Jin itu lucu loh, soalnya saya kira dia itu pendiam dan kaku. Terus, di MV dan perform lagu Danger, dia terlihat seperti U-Know Yunho DBSK. *itu menurut saya, sudut pandang subjektif tak apa-apa kan? Hehee*

Oh ya, Jin itu suka banget sama princess-princess-nya Disney. Jin dan Suga merupakan BIG BROTHER di BTS. Jin bisa jalan sambil kayang. Jin juga suka selca (self camera), hmm… mirip Yesung Super Junior yak?

  1. J-Hope (정호석)

j-hopeCowok kelahiran Gwangju, 18 Februari 1994 ini menyukai warna hijau (waahh… ulang tahunnya dua hari setelah ulang tahunku). Posisinya di BTS adalah sebagai rapper dan dancer. J-Hope bersama Jimin dan Jungkook suka menarikan tarian dari girl group, hal ini terlihat ketika mereka berada di acara Weekly Idol dengan mudahnya mereka bertiga menarikan tarian dari girl grup manapun.

Dia memilih nama J-Hope karena dalam J-Hope terdapat HOPE (harapan), sehingga namanya bisa dipenuhi dengan harapan. J-Hope itu orangnya suka senyum, terlihat dari wajahnya yang ceria dan dari beberapa video yang saya tonton. Tapi beda lagi kalau sudah di atas panggung, beuh… serius banget!

Menurut RapMon, J-Hope itu orangnya suka mengomel seperti ibu tiri kalau lagi di dorm. Contohnya ketika RM belum mengikat tali sepatunya, J-Hope akan bilang, “ikat tali sepatunya!” J-Hope banyak mengomel karena menurutnya dia adalah sosok ibu bagi BTS. RM sempat risih dengan omelan J-Hope, tapi RM pada akhirnya memahami dan mengapresiasi maksud J-Hope dan berterima kasih karena sudah memberi perhatian pada RM.

  1. Suga (민윤기)

sugaPaling suka foto-foto, soalnya kelihatan banget di blog resminya BTS banyak foto hasil jepretan Suga yang ada di sana. Suga lahir pada tanggal 9 Maret 1993. Posisinya di BTS adalah sebagai lead rapper. Suga juga termasuk yang paling sering membuat lagu. Nama panggilannya adalah Motionless Min karena ketika dia punya waktu luang, dia tidak melakukan apapun. Penyuka warna putih ini pernah membuat lagu untuk MC Weekly Idol (Cony dan Deffcon/Dony), tapi sayang kata Deffcon lagunya tidak sesuai dengan gaya Deffcon maupun Cony.

Kalau lagi gak pake make-up, Suga kelihatan banget wajah orang Korea aslinya. Ah, tapi semua member juga kaya gitu dink. Hahhaa…

Kebiasaan Suga yaitu membuat sajak (rhyme) di setiap situasi. Suga juga suka bercanda (overdoing gags), menulis lirik lagu, sebelum ngetwit biasanya dia mikir dulu, bicara dalam Satoori ketika gugup, dan menangis. Sebelum debut bersama BTS, Suga bersama J-Hope terlibat dalam MV-nya Jokwon 2AM – I’m Da One.

  1. Jimin (박지민)

jiminSalah satu lead vocal dan main dancer di BTS ini merupakan cowok kelahiran Busan, 13 Oktober 1995. Suga sering memanggilnya dengan nama park Jiminnie, gak tau kenapa. Nama panggilan lainnya yaitu Dooly karena ia terlihat seperti Dooly ketika dia menggembungkan pipinya. Jimin suka menyanyi karena Rain (비), tapi ia mempunyai keinginan untuk menjadi penyanyi dan artis terkenal karena Taeyang Bigbang. Ketika RM meminta Jimin untuk memilih salah satu di antara Rain dan Taeyang, Jimin tidak bisa memilihnya, tapi kemudian dia pilih keduanya.

Jimin suka menari atau mengikuti irama musik, gak peduli di mana pun itu. Hahhaa… seems like he live in his own world. ^^ Penyuka warna biru ini mengaku sebagai orang kedua yang bangun paling awal di dorm setelah Jin hyung. Terus, kalau kita perhatikan di video latihan tari dan perform, Jimin paling sering pake baju  tanpa lengan, mungkin untuk menunjukkan otot-otot di tangannya kali ya? Badannya kan bagus, perutnya six pack, cowok banget lah. Hehhee… Tapi kalau dilihat dari segi wajah, Jimin itu kelihatan bocah banget, wajahnya polos, lucu, dan innocent.

  1. V (김태형)

vMember BTS yang terakhir yang dikenalkan Big Hits Entertainment ke publik, yup… dialah V. Dia sering dibilang alien karena keanehannya. Hahha… V memang jarang bicara, mungkin itulah yang membuatnya aneh dan membuat orang penasaran padanya. Nama panggila V ada 2 yaitu TaeTae (awas, jangan diartikan dengan bahasa Sunda atau Jawa ya), teman-temannya lebih sering memanggilnya TaeTae karena lebih mudah diucapkan, sedangkan nama panggilan lainnya yaitu Mongtae atau BLANK TAE karena ia memiliki ekspresi yang kosong (seperti sedang melamun atau menerawang jauh entah ke mana).

Posisi cowok kelahiran Daegu, 30 Desember 1995 ini di BTS adalah sebagai vokalis. Dia merupakan anak kedua dari tiga bersaudara. Kakaknya laki-laki, sedangkan adiknya perempuan. V menyukai warna-warna netral seperti hitam dan putih, lihat aja pakaian yang dia pakai ketika dance practice, kalau gak hitam pasti putih, mulai dari baju sampai sepatu. V sangat suka makan sampai-sampai member lainnya bilang kalau V lagi makan tuh kelihatannya enaaaakkk banget. *hahhaa… member lainnya ngiler tuh V*

Menurut Jin, V suka teriak-teriak gak jelas. Lagu kesukaan V di album “Dark and Wild” adalah BTS Cypher PT.3 : KILLER (Feat. Supreme Boi), di mana karakter V memang sesuai dengan lagu tersebut (menurut saya).

Kebiasaan V yaitu menggigit kukunya, membuka mulutnya, menyentuh apapun yang lucu, dan sering bilang “Ibu!” dan “(ini) sakit!” Selain itu, menurut saya sekilas V mirip Jungkook, soalnya V itu member BTS pertama yang saya kenali (waktu itu masih promo lagu Boy in Luv), tapi pas di lagu Danger jadi ketuker sama Jungkook, apalagi barisnya selalu deket sama Jungkook, sama-sama selalu pake pakaian hitam putih pula, jadi gimana saya gak bingung membedakan V dengan Jungkook? Tapi untungnya sekarang udah bisa membedakan mana V dan mana Jungkook. Hahhaaa… Eh, tapi kalau dilihat-lihat lagi foto-foto V, tampak sekilas dia juga mirip Baekhyun EXO. *ah, mian yorobun… it’s an intermezo*

  1. Jungkook (전정국)

jungkookSi Golden Maknae kesukaan saya  ini ternyata orang Busan, ia lahir pada tanggal 1 September 1997. Jungkook tidak hanya member termuda di BTS, tetapi juga member boy group termuda di Korea Selatan. WOW!!!

Jungkook selalu maksimal dalam melakukan apapun, hal inilah yang membuatnya memperoleh empat posisi sekaligus di BTS, yakni sebagai main vocalist, rapper, lead dancer, dan maknae.  Kookie, begitu ia akrab dipanggil, sering terkena flu karena terkena rhinitis. Kookie suka warna merah, tapi ketika dance practice selalu pakai pakaian warna putih, kalau engga putih ya hitam. Mungkin warna kesukaannya memang merah, putih, dan hitam kali ya. J

Kookie bisa menari dalam tempo yang sangat cepat maupun sangat lambat, lihat aja di Weekly Idol! Hahaha…

Motto hidup Jungkook adalah I’d rather die than to live without any passion. Jungkook termasuk orang yang jarang bicara, sama seperti V, tapi kalau Jungkook sudah diajak  berkumpul dengan member lainnya ia akan menjadi cerewet. Menurut Jin, Jungkook itu orangnya gak bisa diem, ada aja kelakuannya. Akan tetapi, menurut Jungkook sendiri Jin itu orangnya sulit dipahami, jadi aja sering salah paham tentang apa yang Jin ceritakan tentang masa kecilnya. Mungkin karena beda usia antara Jin dan Jungkook cukup jauh kali ya, hahhaa…

Oke, segitu dulu pembahasan profil member BTS. Selanjutnya, kita bahas BTS secara umum ya… Bagi kalian yang termasuk fans baru BTS seperti saya dan aktif berkicau di twitter, ada baiknya mem-follow akun twitter BTS (@bts_twt). Tidak seperti boy group lainnya yang membernya memiliki akun twitter masing-masing, member BTS menggunakan satu akun twitter untuk menyapa fans-nya. Jadi judulnya SATU UNTUK SEMUA, hahhaa…

Untuk membedakan ini twit siapa-siapanya, biasanya member yang nge-twit  akan bilang “annyeonghaseyo… ini Rap Monster” atau “annyeong… hop-iyeyo” atau “annyeong… jin-deyo”. Jadi, kita bakal tahu yang nge-twit  itu siapa. Di antara member-member BTS, tampaknya Jungkook paling jarang twitter-an, sedangkan yang paling sering nge-twit itu RM, Hope,  dan Suga.

Sumber: lagu-lagunya BTS, blog resminya BTS, twitter resminya BTS, video-video BTS di Youtube, dan beberapa hal ditambahkan dari blog-blog fans-nya BTS (maaf gak nyebut/link alamat URL-nya, lupa! Hahaha…)

Author:

I'm Robita, an Indonesian girl who loves writing than speaking, loves singing and playing music, and prefers to be quiet than arguing. All my posts here show you my skills in writing related to my age, my knowledge, my experience, my hobby, and my interest at that time.

13 thoughts on “Sekilas Tentang BTS (방탄소년단)

  1. Sama, sy jg bru suka BTS xp padahal taunya sejak mrka debut, cm kurang tertarik xD#Plakk
    btw, it bnrn JK member Boy grup termuda?? Maknae C-clown jg 97, debut 2012 malah._.
    Oke fix xp btw, salam kenal ya..
    Update list lagunya jg dunk.. Hehe

    1. hai… salam kenal juga ^^
      setau saya mah gitu, JK katanya member bougroup termuda di Korea.
      C-Clown debut bulan apa? Klo BTW kan debut bulan Juni (klo gak salah, hahha), siapa tau itu rekor sebelum C-Clown debut..
      Hehheee..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s