Posted in artikel

KABUMI-UPI Kembali Menggelar Perayaan Hari Angklung (Angklung’s Day)


angklung's day

16 November 2014, Kabumi (Keluarga Bumi Siliwangi)-Universitas Pendidikan Indonesia lagi-lagi menggelar perayaan Angklung’s Day. Perayaan kali keempat ini masih diselenggarakan di gedung sate alias di Kantor Gubernur Jawa Barat, masih sama seperti tahun sebelumnya. Andi, ketua pelaksana Angklung’s Day mengatakan bahwa tema yang diusung dalam Angklung’s Day kali ini adalah “Bersama Angklung Beraksi”. Berdasarkan tema tersebut, lagu-lagu yang dimainkan diantaranya yaitu Medley Nusantara, Peuyeum Bandung, Halo-halo Bandung, dan dua lagu pop yang bernuansa penuh semangat yaitu lagu Beraksi karya Band Kotak dan lagu Bendera karya Band Cokelat. Kegiatan bermain angklung bersama ini dipandu oleh Aan Handoyo, seseorang yang sudah melanglang buana bersama dan karena angklung.

Tahun ini, Angklung’s Day diikuti oleh sekitar 70 grup angklung, mulai dari tingkat TK sampai tingkat perguruan tinggi. Kantor Guberur Jawa Barat terlihat sangat berwarna dengan pakaian peserta dan sangat padat dipenuhi peserta Angklung’s Day yang akan bermain angklung bersama. Tidak hanya bermain angklung bersama, ada kegiatan yang berbeda dalam kegiatan Angklung’s Day tahun ini, yakni panitia mengadakan lomba menggambar untuk anak usia 7-13 tahun. Selain itu, ada juga special performance dari Padepokan Angklung Gubrag Cipining, Bogor.

Hadirnya Angklung’s Day merupakan salah satu apresiasi masyarakat angklung, khususnya warga Jawa Barat dan sekitarnya terhadap diakuinya angklung sebagai salah satu warisan tak benda dunia oleh UNESCO pada tahun 2010. Sejak saat itu, Kabumi sebagai salah satu organisasi yang bergerak di bidang kesenian dan kebudayaan, khsusunya budaya Sunda, mulai merintis kegiatan Angklung’s Day yang pertama kali digelar di Monumen Perjuangan, Bandung, dengan diikuti oleh 2010 pemain angklung dari berbagai kalangan (SD sampai umum).

Sebagai pemegang warisan budaya Sunda, anak-anak dan seluruh peserta yang terlibat di dalam Angklung’s Day terlihat begitu semangat menggetarkan angklungnya. Harmoni yang dihasilkan pun begitu indah. Berikut ini foto-foto kemeriahan acara Angklung’s Day yang diselenggarakan pada hari minggu lalu.

angklung's day
Gubernur Jawa Barat, tamu undangan, ketua pelaksana angklung’s day, dan semua peserta angklung’s day menggetarkan angklung bersama sebagai tanda dimulainya acara

angklung's day

DSCF7101

DSCF7097

Pak Aan memandu kegiatan bermain angklung bersama
Pak Aan memandu kegiatan bermain angklung bersama
Peserta angklung's day semangat membawakan lagu Band Kotak, BERAKSI
Peserta angklung’s day semangat membawakan lagu Band Kotak, BERAKSI

angklung's day

Gubernur Jawa Barat, Bpk. Ahmad Heryawan, memberikan sambutan dalam acara angklung's day
Gubernur Jawa Barat, Bpk. Ahmad Heryawan, memberikan sambutan dalam acara angklung’s day
Padepokan Angklung Gubrag
Special performance dari Padepokan Angklung Gubrak Cipining, Bogor
Beberapa peserta lomba menggambar dengan tema "Angklung"
Beberapa peserta lomba menggambar dengan tema “Angklung”
Peserta lomba menggambar
Peserta lomba menggambar

Gambar-gambar berikutnya merupakan beberapa hasil kreativitas tangan-tangan ajaib putra-putri ibu pertiwi dalam bidang menggambar. Saya sendiri kagum melihat karya mereka, subhanallah… (Gambar berikut ini saya ambil dari Facebook Kabumi-UPI.)

Zahraa Salsabila (8 tahun), SDN I Tanjungsari
Zahraa Salsabila (8 tahun), SDN I Tanjungsari
Afra Hasna (9 tahun)
Afra Hasna (9 tahun)
Alfian (9 tahun)
Alfian (9 tahun)
Hanifa, Kelas 2 SD Neglasari
Hanifa, Kelas 2 SD Neglasari
Mutiara Indah (10 tahun), SDN Cipadung
Mutiara Indah (10 tahun), SDN Cipadung
Jocelyne, SD Santa Angela (Bandung)
Jocelyne, SD Santa Angela (Bandung)
Lian Amara ( 10 tahun)
Lian Amara (10 tahun)
Diaz Daytona, Kelas 3 SDN Andir Kidul
Diaz Daytona, Kelas 3 SDN Andir Kidul
Kaifa Khairunnisa, Kls. 3 SD Firdaus
Kaifa Khairunnisa, Kls. 3 SD Firdaus
Nanda , SD Firdaus
Nanda , SD Firdaus

Daaaann… panitia memang gak ada matinya, mereka masih bersemangat walaupun siang itu hujan mengguyur gedung sate.

DSCF7132

angklung's day

Terima kasih atas kerja kerasnya (untuk semua panitia), semoga kita bisa menjadi pemegang warisan yang baik, yang dapat melestarikan angklung dan kebudayaan Indonesia yang lainnya. Terima kasih juga untuk semua pihak yang telah berpartisipasi, baik secara langsung maupun tidak langsung, dalam acara Angklung’s Day sehingga acara ini dapat terselenggara dengan baik.

SEE YOU NEXT YEAR! ^^

Author:

I'm Robita, an Indonesian girl who loves writing than speaking, loves singing and playing music, and prefers to be quiet than arguing. All my posts here show you my skills in writing related to my age, my knowledge, my experience, my hobby, and my interest at that time.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s