Posted in artikel, umum

Ide Menarik di Balik Truck Shows di Alexandra


Truck Shows

Minggu, 7 Juni 2015, ada sesuatu yang menarik di Alexandra, tempat aku tinggal sekarang. Biasanya situasi di tempat ini tidak begitu ramai, tidak ada kemacetan, dan tidak ada banyak orang di luar rumah, terlebih lagi karena sekarang musim dingin. Akan tetapi, kemarin orang-orang pada keluar rumah, mereka membawa anggota keluarganya, membawa binatang kesayangannya, dan ada pula yang memanfaatkan momen tersebut untuk bersenang-senang dengan teman-teman dekat.

A             : “Ada apa sih di Alexandra?”
B             : “Ada truck shows.”
A             : “Truck shows? Terus apa menariknya?”
B             : “Ini sangat menarik, terutama bagi saya. Oke, kalau begitu saya jelaskan ya.”

Truck Shows merupakan salah satu upaya yang dibuat oleh warga Alexandra untuk menarik perhatian orang-orang di daerah lain sehingga mereka dapat mengunjungi Alexandra. Dengan kata lain, Truck Shows dijadikan alasan untuk menarik wisatawan datang ke daerah ini. Dengan datangnya para wisatawan itu, penduduk lokal di sini dapat memperoleh penghasilan melalui kegiatan berdagang. Sebagian penduduk lokal membuka stand-stand makanan, sedangkan sebagian yang lainnya hanya menikmati keramaian yang muncul khusus setahun sekali ini.

Truck Shows hanya diselenggarakan pada akhir minggu yang panjang, contohnya seperti tahun ini, karena hari senin libur (Queen’s birthday) mereka menyelenggarakan Truck Shows pada hari minggu. Gara-gara Truck Shows, hotel-hotel menjadi lebih ramai daripada biasanya, bisa dilihat ada banyak orang di lantai dua hotel-hotel tersebut yang ingin menyaksikan Truck Shows.

Mereka, para wisatawan, dapat melihat pameran truk-truk yang datang dari berbagai wilayah di Victoria. Tahun ini merupakan kali kesembilan belas Truck Shows di Alexandra. Tidak hanya truk, tetapi juga mobil-mobil antik nan unik turut mewarnai pamerah truk ini. Truck Shows tidak hanya memajangkan truk-truk berukuran besar dan mobil-mobil antik nan unik, tetapi ada juga wahana permainan untuk anak-anak dan remaja seperti rumah hantu, komidi putar, bombom car, perosotan mickey mouse, jumpie jump, becak air mini, penjual mainan anak-anak, dan hal-hal sejenis lainnya yang biasa dijumpai di pesta rakyat di Indonesia. Selain itu, ada juga live music yang menghibur pengunjung pameran ini.

live music at Truck Shows
live music at Truck Shows

Berikut ini permainan-permainan yang ada di Truck Shows.

Truk-truk yang dipajangkan dibuat semenarik mungkin, ada yang membuatnya mengkilat sehingga tampak keren, terlihat lebih kinclong, dan tampak lebih baru. Di pameran ini tidak seluruh badan truk dipajangkan, melainkan hanya bagian kepalanya saja. Itu pun sudah sangat besar, tingginya dapat dua kali lipat tinggi badan saya.

Tinggi sekali truknya, ya?
Tinggi sekali truknya, ya?

Selain kehadiran stand-stand makanan, ada juga stand-stand yang menjual berbagai barang seperti boots/sleepers, sarung tangan yang terbuat dari kulit kanguru, benih tanaman hias, aksesoris, barang-barang hasil kerajinan tangan, dan sebagainya.

Semua orang datang ke pameran truk ini, mulai dari bayi sampai orang tua. Lihat saja foto yang satu ini, sangat lucu bukan?🙂

Selain pameran truk, wahana permainan, dan berbagai makanan  yang tersedia di Truck Shows, di sana juga ada lomba memotong kayu. Saya pribadi gak pernah kepikiran bahwa hal tersebut dapat dilombakan. Menarik, bukan?

Nah, setelah melihat semua foto dan membaca catatan di atas, apa yang dapat Anda simpulkan? Ide menarik apa yang dapat Anda ambil dan pelajari yang mungkin dapat diterapkan di daerah Anda?

source: google image
source: google image

Menurut saya, untuk membuat daerah kita menarik dikunjungi oleh wisatawan walau hanya sehari, tidak perlu ide yang muluk-muluk dan ribet. Semua ide pada dasarnya bagus, hanya saja tergantung bagaimana kita mengemasnya, betul? Ide yang sederhana seperti Truck Shows ini contohnya. Dapat saya katakan bahwa idenya sangat sederhana, hanya mengundang truk-truk se-area Victoria lalu memajang truk tersebut di daerah ini. Padahal bisa saja mereka memajang truk-truk tersebut di daerah lain yang lebih luas, tetapi karena yang memiliki gagasan ini (mungkin) orang-orang di Alexandra, jadilah pameran truk ini diselenggarakan di Alexandra.

Di samping alasan histori, saya pernah membaca salah satu artikel di Taman Rotary mengenai banyaknya pengemudi truk yang berasal dari Alexandra sehingga untuk melakukan reuni, bersilaturahim, dan dan sapa-kangen inilah mereka menyelenggarakan pertemuan sopir truk dikemas dalam bentuk Truck Shows. Ide menyelenggarakan Truck Shows merupakan ide sederhana, tetapi menarik, yang kemudian dikemas dan diapresiasi dengan baik oleh orang-orang di sini. Simpulannya, saya berharap semua pembaca artikel ini dapat menangkap hal positif untuk dikembangkan, baik untuk pengembangan diri sendiri maupun untuk mengembangkan potensi daerah masing-masing.

You only need to think, share your ideas, discuss your ideas, agree with, then do or realize your idea! Good luck.🙂

NOTE:

Please don’t take, reupload, or share any photos in this article without my permission!

Author:

I'm Robita, an Indonesian girl who loves writing than speaking, loves singing and playing music, and prefers to be quiet than arguing. All my posts here show you my skills in writing related to my age, my knowledge, my experience, my hobby, and my interest at that time.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s